ANALISIS VARIASI PANJANG, DIAMETER DAN FEEDING TERHADAP HASIL PENGUKURAN KESILINDRISAN BENDA KERJA PADA PROSES BUBUT CNC BAJA ST60


Beni Fajar Ramadhan, 5201413039 (2019) ANALISIS VARIASI PANJANG, DIAMETER DAN FEEDING TERHADAP HASIL PENGUKURAN KESILINDRISAN BENDA KERJA PADA PROSES BUBUT CNC BAJA ST60. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS VARIASI PANJANG, DIAMETER DAN FEEDING TERHADAP HASIL PENGUKURAN KESILINDRISAN BENDA KERJA PADA PROSES BUBUT CNC BAJA ST60] PDF (ANALISIS VARIASI PANJANG, DIAMETER DAN FEEDING TERHADAP HASIL PENGUKURAN KESILINDRISAN BENDA KERJA PADA PROSES BUBUT CNC BAJA ST60)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variasi panjang, diameter dan feeding terhadap penyimpangan kesilindrisan benda kerja pada proses bubut CNC baja St60. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen untuk mengetahui sebab-akibat diberikan sebuah perlakuan. Pada penelitian ini perlakuan yang diberikan adalah panjang, diameter dan feeding. Variasi panjang yang digunakan adalah 180mm dan 230mm, variasi diameter yang digunakan adalah 10mm dan 12mm. Sedangkan cutting parameters yang di variasikan adalah feeding dengan besar 0,05 mm/rev, 0,075 mm/rev dan 0,1 mm/rev. Setelah dilakukan pembubutan dengan CNC selanjutnya dilakukan uji kesilindrisan dengan alat ukur dial indicator untuk mengetahui nilai hasil pengukuran penyimpangan. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil analisis data pada penelitan ini adalah semakin kecil variasi panjang atau diameter dan semakin kecil feeding maka nilai penyimpangannya semakin kecil dan semakin panjang, diameter serta feeding maka nilai penyimpangannya semakin besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rasio, cutting, feeding, kesilindrisan, baja
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:02
Last Modified: 16 Sep 2021 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46426

Actions (login required)

View Item View Item