SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM REPRODUKSI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI KESEHATAN REPRODUKSI SISWA SMA


Novia Sinta Varadina, 4401416101 (2020) SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM REPRODUKSI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI KESEHATAN REPRODUKSI SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM REPRODUKSI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI KESEHATAN REPRODUKSI SISWA SMA] PDF (SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM REPRODUKSI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI KESEHATAN REPRODUKSI SISWA SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan siswa tentang shisha yang masih beranggapan bahwa asap yang dihasilkan tidak lebih berbahaya dari rokok. Kebanyakan dari siswa tidak menyadari bahwa ternyata jika terjadi secara berkelanjutan akan berdampak pada sistem reproduksi siswa. Sikap kepedulian siswa untuk menjaga kesehatan reproduksi, masih kurang karena belum mendapatkan informasi terkini terkait bahaya paparan asap shisha yang sesungguhnya dan belum optimalnya komitmen serta dukungan pemerintah dalam bentuk kebijakan yang mengatur tentang pendidikan seksual, reproduksi bagi siswa. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya pengembahan bahan ajar siswa yang mencantumkan informasi-informasi yang dapat meningkatkan sikap peduli terhadap kesehatan reproduksi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) hasil validitas bahan ajar yang dikembangkan dan (2) keefektifan dalam meningkatkan sikap peduli kesehatan reproduksi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (Reasearch and Development) adalah metode penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Mengikuti 8/10 langkah sugiyono mulai dari mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, peneliti lalu membuat desain produk, kemudian divalidasikan kepada ahli, revisi desain oleh peneliti agar produk pengembangan mencapai hasil yang maksimal sesuai saran validator, lalu uji coba produk dalam skala kecil oleh peneliti yang dilakukan untuk mengetahui respon tanggapan siswa dan keefektifan dalam peningkatan sikap peduli kesehatan reproduksi siswa. Uji validitas terdiri atas uji validitas media dan uji validitas materi. Masing-masing uji validitas dilakukan oleh 3 validator. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket validasi kuantitatif dan deskriptif. Hasil analisis uji validitas media mendapatkan hasil sangat valid, dan hasil analisis uji validitas materi telah mendapatkan hasil sangat valid. Untuk uji keefektifan penggunaan melalui analisis angket tanggapan siswa yang diberikan mendapatkan hasil sangat baik, dalam meningkatkan sikap peduli kesehatan reproduksi karena ≥80% dari rata-rata jumlah siswa uji telah mencapai kriteria sangat peduli. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Bahan ajar berbasis riset yang dikembangkan valid untuk digunakan sebagai suplemen bahan ajar pada materi sistem reproduksi siswa SMA. (2) Bahan ajar berbasis riset yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan sikap peduli kesehatan reproduksi siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Suplemen bahan ajar, shisha, peduli kesehatan
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Sep 2021 05:59
Last Modified: 16 Sep 2021 05:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46425

Actions (login required)

View Item View Item