PERANCANGAN MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT


Agung Prakoso, 5201416047 (2021) PERANCANGAN MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT] PDF (PERANCANGAN MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sehingga perlu adanya inovasi desain mesin pengemas yang sesuai dengan kapasitas UMKM. Tujuan perancangan ini untuk mendapatkan konsep desain mesin pengemas produk bubuk, mendapatkan rancangan mesin yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan mendapatkan hasil analisa mockup dari desain mesin pengemas produk bubuk. Proses perancangan mesin pengemas produk bubuk menggunakan metode perancangan French dengan memanfaatkan rumah kualitas dari metode QFD. Metode perancangan French digunakan dalam proses embodiment dan menampilkan gambar kerja serta Bill of Material. Rumah kualitas dari metode perancangan QFD digunakan untuk memperoleh rancangan konsep desain produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Setelah mendapatkan daftar kebutuhan konsumen didapatkan rancangan konsep, proses pengisian produk menggunakan volumetric fillers, poros utama digunakan untuk menggerakan sealer vertikal dan horisontal, roller digunakan untuk menurunkan plastik kemasan dengan bantuan motor stepper. Persyaratan teknis terdiri dari, lebar mesin ± 80 cm, ketinggian mesin ergonomi, penggerak motor listrik, sambungan mur dan baut, dapat mengatur panjang kemasan, mudah dalam perawatan, komponen mudah didapatkan, rangka mesin menggunakan material yang kuat dan anti karat, corong tabung, volumetric fillers menggunakan material yang aman untuk makanan. Analisis mockup didapatkan rancangan desain mudah dalam perakitan dan tidak membutuhkan alat khusus dalam proses perakitan mesin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perancangan, mesin pengemas produk bubuk, QFD, French, Inventor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:26
Last Modified: 16 Sep 2021 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46421

Actions (login required)

View Item View Item