PEWARNAAN BATIK CAP MENGGUNAKAN GULMA SONGGOLANGIT (TRIDAX PROCUMBENS) DENGAN ZAT FIKSASI YANG BERBEDA


Kurniawati Novia Dwicahya, 5401416037 (2020) PEWARNAAN BATIK CAP MENGGUNAKAN GULMA SONGGOLANGIT (TRIDAX PROCUMBENS) DENGAN ZAT FIKSASI YANG BERBEDA. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEWARNAAN BATIK CAP MENGGUNAKAN GULMA SONGGOLANGIT (TRIDAX PROCUMBENS) DENGAN ZAT FIKSASI YANG BERBEDA] PDF (PEWARNAAN BATIK CAP MENGGUNAKAN GULMA SONGGOLANGIT (TRIDAX PROCUMBENS) DENGAN ZAT FIKSASI YANG BERBEDA)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pewarna alami berasal dari bagian tumbuhan seperti daun, buah, bunga, biji, akar dan kulit.Gulma adalah salah satu tumbuhan yang dapat digunakan sebagai pewarna alam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi gulma songgolangit sebagai pewarna alam pada batik cap.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah gulma songgolangit, batik cap, dan fiksasi (tunjung, tawas dan kapur tohor). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melihat katalog zat warna tekstil untuk mengetahui arah warna yang dihasilkan. Ketajaman motif diuji dengan menggunakan uji organoleptik. Hasil analisis arah warna dari fiksasi tawas adalah Hazelwood, fiksasi kapur tohor adalah Bone dan fiksasi tunjung adalah Hazelnut. Motif paling tajam dihasilkan darifiksasi tunjung. Simpulan penelitian ini adalah gulma songgolangit dapat digunakan sebagai pewarna alami batik cap, arah warna yang dihasilkan berbeda tergantung dari zat fiksasi yang digunakan. Saran dalam penelitian ini adalah pembuatan batik cap menggunakan pewarna alam cukup dilorod dengan air biasa dan ditambah larutan kanji.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pewarnaan batik cap, gulma songgolangit, zat fiksasi.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:12
Last Modified: 16 Sep 2021 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46419

Actions (login required)

View Item View Item