PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA


Yuli France Damanik, 4301416009 (2020) PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA] PDF (PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran praktikum siswa masih belum terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut terjadi karena siswa belum memahami cara penggunaan alat dan proses praktikum sehingga keterampilan siswa dalam pelaksanaan praktikum masih kurang baik. Oleh karena itu diperlukan petunjuk praktikum yang mengikuti perkembangan teknologi. Blended learning adalah pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan e-laboratory instruction berbasis blended learning dengan model guided inquiry pada materi titrasi asam basa. Model pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4D. Penelitian ini melalui tahap 3D yaitu dengan pendefinisian (Define), Perancangan (Design) dan Pengembangan (Develop). Lokasi Penelitian di SMA N 5 Semarang di kelas XI IPA 4 dan IPA 5. Teknik pengambilan data melalui metode wawancara, dokumentasi, angket dan observasi. Hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata dari dua validator sebesar 75,5 dan hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata dari dua validator sebesar 53 yang artinya e-laboratory instruction ini sangat layak untuk digunakan. Hasil observasi keterampilan siswa pada saat uji coba skala besar menunjukkan secara keseluruhan e-laboratory instruction dinyatakan “Sangat Efektif” dengan persentase 88,3 %. Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa menunjukkan bahwa e-laboratory instruction dinyatakan “Praktis” digunakan dengan persentasi 82,4%. Berdasarkan hasil peneltian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-laboratory instruction yang dikembangkan sangat layak, sangat efektif dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada materi titrasi asam basa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-laboratory Instruction, Blended Learning, Guided Inquiry, Titrasi Asam Basa.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:41
Last Modified: 16 Sep 2021 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46415

Actions (login required)

View Item View Item