MODEL PENGEMBANGAN ALAT SCAR (SPEED, COORDINATION, ACCURACY, REACTION) DALAM AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SMP


DIKA SETYA PRAMANA, 6101416109 (2020) MODEL PENGEMBANGAN ALAT SCAR (SPEED, COORDINATION, ACCURACY, REACTION) DALAM AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Dokumen dari Dikasetya pdf - Dika Setya Pramana.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN ALAT SCAR (SPEED, COORDINATION, ACCURACY, REACTION) DALAM AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SMP] PDF (MODEL PENGEMBANGAN ALAT SCAR (SPEED, COORDINATION, ACCURACY, REACTION) DALAM AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani di sekolah memiliki berbagai kendala, diantaranya adalah kurangnya pengembangan modifikasi alat kebugaran jasmani guna mengukur dan meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap keaktifan gerak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan alat SCAR (Speed Coordination Accuracy Reaction) untuk aktivitas kebugaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian sebagai berikut :1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain (1 ahli penjas dan 2 ahli pembelajaran), 5) revisi Desain, 6) uji coba skala kecil (30 peserta didik), 7) revisi produk, 8) ujicoba skala besar (80 peserta didik), 9) revisi produk, 10) produksi masal yang menghasilkan alat. SCAR (Speed, Coordination, Accuracy, Reaction) untuk Pendidikan Jasmani. Hasil validasi ahli produk awal penelitian didapatkan rata-rata (79%) sangat baik, dengan beberapa revisi seperti penyesuaian jaring dengan ukuran bola dan memperpendek jarak permainan. Hasil uji coba skala kecil diperoleh rata-rata 87%(sangat baik). Hasil revisi ahli menyatakan sangat bisa digunakan. Hasil uji coba skala besar diperoleh rata-rata 93%(sangat baik). Berdasarkan hasil analisis penelitian, alat SCAR (Speed, Coordination, Accuracy, Reaction) dapat digunakan sebagai aktivitas kebugaran jasmani disekolah. Saran bagi guru penjas, diharapkan dapat memanfaatkan alat ini untuk aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan prosedur buku penggunaan alat agar dapat membantu siswa untuk selalu bergerak aktif dan meningkatkan kebugaran jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan alat, Aktivitas Kebugaran Jasmani, Pendidikan Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:59
Last Modified: 16 Sep 2021 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46414

Actions (login required)

View Item View Item