SURVEI PEMBINAAN PRESTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA TANGAN (HANDBALL) DI SMK KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020


Muhammad Zuhdan Tamami, 6101416197 (2020) SURVEI PEMBINAAN PRESTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA TANGAN (HANDBALL) DI SMK KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PEMBINAAN PRESTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA TANGAN (HANDBALL) DI SMK KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020] PDF (SURVEI PEMBINAAN PRESTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA TANGAN (HANDBALL) DI SMK KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Di Purworejo olahraga bola tangan sudah berkembang dan mulai banyak diminati, terutama dalam kegiatan ektrakurikuler di berbagai sekolah, salah satunya di SMK Kabupaten Purworejo. Dalam perkembangannya, SMK di Kabupaten Purworejo telah mengikuti kompetisi olahraga bola tangan tingkat kapubaten maupun daerah dan telah memiliki prestasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan prestasi ekstrakurikuler bola tangan di SMK Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, subyek pada penelitian ini yaitu pembina ekstrakurikuler, pelatih ekstrakurikuler atau guru olahraga serta siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola tangan di SMK Kabupaten Purworejo. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai pembinaan prestasi, program latihan, sarana prasarana, dan pendanaan kegiatan ekstrakurikuler bola tangan di SMK Kabupaten Purworejo. Penelitian ini memperoleh hasil diantaranya, pembinaan prestasi sudah berjalan dengan baik, program latihan yang diberikan pelatih meliputi empat aspek (latihan fisik, teknik, taktik, dan mental), sarana dan prasarana untuk ekstrakurikuler bola tangan sudah memadai, hanya saja untuk lapangan kurang memadai, sumber dana ekstrakurikuler bola tangan diperoleh dari alokasi dana BOS. Simpulan dari penelitian ini bahwa pembinaan prestasi di SMK Kabupaten Purworejo sudah berjalan dengan baik, program latihan yang diberikan pelatih kepada peserta ekstrakurikuler meliputi empat aspek (latihan fisik, teknik, taktik, dan mental) dan peserta ekstrakurikuler telah mengikuti dengan baik, sarana dan prasarana untuk ekstrakurikuler bola tangan sudah memadai, hanya saja untuk lapangan kurang memadai, sumber dana ekstrakurikuler bola tangan diperoleh dari alokasi dana BOS dan digunakan untuk pelatih dan perlengkapan yang dibutuhkan. Saran yang diberikan peneliti yaitu: 1) Pihak Sekolah diharapkan bisa memberikan fasilitas yang memadai, khususnya untuk lapangan dan perlu adanya pembaruan alat yang rusak. 2) Pelatih diharapkan dapat mengembangkan dan memajukan olahraga bola tangan. 3) Siswa diharapkan dapat mengikuti olahraga bola tangan dengan baik dan penuh semangat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Prestasi, Ekstrakurikuler, Bola Tangan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:04
Last Modified: 16 Sep 2021 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46410

Actions (login required)

View Item View Item