KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2020


Eric Wilandika, 6101416189 (2020) KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2020] PDF (KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kelengkapan dan kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang Tahun 2020. Problematika yang ada disekolah belum maksimal dalam melengkapi fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang kurang memadai. Hal seperti ini menghambat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan sarana dan prasarana olahraga hal yang penting dalam menunjang pembelajaran, dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai siswa bisa lebih semangat dalam melakukan aktifitas olahraga. Penelitian ini pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pegumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis bersifat induktif/kualitatif, dan hasil peneliti kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Populasi penelitian ini berjumlah 11, tetapi sampel yang digunakan sebanyak 9 SMA Negeri seKabupaten Pemalang. Dengan objek sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang yaitu : Lari, Lompat Jauh dan Lompat Jangkit, Lompat tinggi, Lempar cakram, Lempar lembing, Tolak peluru, Bulutangkis, Tenis meja, Tenis lapangan, Bola basket, Bola voli, Karate, Taekwondo, Silat. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, dengan sumber data diperoleh dari guru olahraga/pihak sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang belum semua sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar akan tetapi dilihat dari kondisi sarana dan prasarana olahraga di sekolah masih layak digunakan untuk kegiatan olahraga dan tidak membahayakan bagi siswa. Untuk kelengkapannya belum semua cabang olahraga ada sarana dan prasarana di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Saran penelitian ini agar bisa memberikan hal yang baik pada pihak sekolah agar lebih memperhatikan kelengkapan dan kelayakan sarana dan prasarana olahraga. Pihak sekolah lebih ditingkatkan pengelolaan terhadap sarana prasarana olahraga yang sudah ada agar lebih terawat. Bagi guru olahraga harus banyak berkomunikasi dengan kepala sekolah tentang kendala keterbatasan sarana dan ix prasarana olahraga, dan guru olahraga sebaiknya lebih kreatif dalam mensiasati keterbatasan sarana dan prasarana olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana, Olahraga Prestasi, Kelayakan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:22
Last Modified: 16 Sep 2021 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46406

Actions (login required)

View Item View Item