PUSAT STUDI FOTOGRAFI DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS


Nauvaldy Amru Tsani, 5112415040 (2019) PUSAT STUDI FOTOGRAFI DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PUSAT STUDI FOTOGRAFI DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS] PDF (PUSAT STUDI FOTOGRAFI DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Landasan Perencanaan dan Perancangan Arsitektur merupakan salah sstu mata kuliah dengan bobot 3sks yang harus diambil dan diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Teknik Arsitektur S1, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang sebagai salah satu syarat untuk pendapatkan gelar Sarjana Teknik Arsitektur. Satu dekade belakangan ini, perkembangan fotografi Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan, peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Dahulu, kita masih membutuhkan film seluloid untuk melakukan pemotretan. Karya yang dihasilkan akan sangat terbatas, dan jika ada kesalahan, file foto tidak bisa dihapus. Berbeda dengan teknologi fotografi digital. Berbekal kartu memori, seorang fotografer dapat memotret hingga ratusan gambar. Jika belum sesuai dengan keinginan sang fotografer hanya perlu menghapus foto tersebut, dan melakukan foto ulang. Karena itu, seiring dengan kemajuan teknologi, fotografi terus berkembang. Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia dengan kekayaan ragam dalam bidang budaya, kuliner, fashion, dan bidang lainnya. Selain itu, Kota Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Pendidikan karena dipadati oleh sekolah-sekolah sampai banyak universitas negeri maupun swasta serta banyaknya seniman, terdapat banyak komunitas fotografi dari kalangan pelajar dan umum. Dari ketiga hal tersebut menjadi dasar dalam perencanaan dan perancangan Pusat Studi Fotografi di Kota Yogyakarta. Landasan Perencanaan dan Perancangan Arsitektur ini akan menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan dalam bidang pendidikan khususnya seni fotografi serta mewujudkan genersasi muda yang kreatif, dinamis, dan memiliki keahlian seni fotografi, memajukan dunia fotografi secara umum, membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan informal, tempat berkumpul dan membantu para komunitas untuk lebih mengembangkan bakatnya. Perencanaan dan Perancangan Pusat Studi Fotografi dengan pendekatan desain Arsitektur Tropis yang sesuai dengan iklim di Indonesia diharapkan mampu menjadi solusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pusat Studi Fotografi, Fotografi, Kota Yogyakarta, Arsitektur Tropis
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:03
Last Modified: 16 Sep 2021 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46405

Actions (login required)

View Item View Item