STABILITAS CHECK DAM PADA ALIRAN SUNGAI KREO DI HILIR JEMBATAN MUNDINGAN KOTA SEMARANG


Ahda Reza Andhika, 5113414072 (2020) STABILITAS CHECK DAM PADA ALIRAN SUNGAI KREO DI HILIR JEMBATAN MUNDINGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of STABILITAS CHECK DAM PADA ALIRAN SUNGAI KREO DI HILIR JEMBATAN MUNDINGAN KOTA SEMARANG] PDF (STABILITAS CHECK DAM PADA ALIRAN SUNGAI KREO DI HILIR JEMBATAN MUNDINGAN KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Check Dam merupakan struktur ambang melintang yang dibangun pada alur sungai yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan arus dan meningkatkan laju pengendapan di bagian hulu struktur. Aliran air yang mengalir terus menerus akan mengakibatkan gerusan yang terjadi disepanjang sungai, sedimen hasil dari gerusan tersebut nantinya akan terangkut oleh arus air dan mengendap di bagian hilir sungai. Gerusan-gerusan yang terjadi terus menerus disepanjang sungai dapat menimbulkan bahaya terhadap struktur-struktur yang ada di sekitar sungai terutama bahaya gerusan terhadap pilar jembatan yang dapat berakibat kepada ambruknya struktur jembatan. Kerusakan bangunan-bangunan penting dan pengikisan tebing harus dapat diatasi salah satunya dengan melakukan pembangunan guna menstabilkan dasar sungai Kreo agar tidak merusak ekosistem di sekitarnya. Penelitian ini mendeskripsikan stabilitas check dam pada aliran sungai Kreo di hilir Jembatan Mundingan Kota Semarang dari bahaya gerusan. Penelitian ini menggunakan metode survei. Data yang diggunakan adalah data sekunder (data desain check dam jembatan mundingan, data hujan, data geologi dan mekanika tanah). Analisis data yang digunakan adalah (1) metode perhitungan debit banjir rancangan dengan kala ulang 50 tahun; (2) Analisis gaya yang bekerja pada check dam, (3) Analisis stabilitas check dam. Hasil yang didapat berdasarkan analisis stabilitas Check Dam Jembatan Mundingan yang dilakukan adalah sebagai berikut : Check Dam aman terhadap guling pada kondisi air normal dan tidak aman pada saat air banjir dengan perbandingan nilai koefisien guling > nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (179,823>1,5) pada kondisi air banjir (0,824<1,5). Check Dam aman terhadap geser pada kondisi air normal dan tidak aman pada saat kondisis air banjir dengan perbandingan nilai koefisien geser > nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (12,1>1,5) pada kondisi air banjir (0,316<1,5). Check Dam aman terhadap eksentrisitas pada kondisi air normal dan tidak aman pada saat kondisi air banjir dengan perbandingan nilai koefisien eksentrisitas < nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (-1,648<3,286), pada kondisi air banjir (12,3>3,286). Check Dam aman terhadap daya dukung tanah pada kondisi air normal dan pada saat kondisis air banjir dengan perbandingan nilai koefisien daya dukung tanah < nilai koefisien kritis pada kondisi air normal (50,833<215,52) pada kondisi air banjir (56,55<215,52). Check Dam aman terhadap Erosi bawah tanah (piping) pada kondisi air normal dan pada saat air banjir dengan dengan perbandingan nilai koefisien piping >nilai koefisien kritis nilai keamanan sebesar (6,225>4), kondisi air banjir (22,909>4).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stabilitas, Check Dam, Jembatan Mundingan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:54
Last Modified: 16 Sep 2021 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46403

Actions (login required)

View Item View Item