EFEKTIVITAS MODUL DALAM PRAKTIK BOLA VOLI KELAS VII SMP DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN


Lugas Wirawan, 6101416181 (2020) EFEKTIVITAS MODUL DALAM PRAKTIK BOLA VOLI KELAS VII SMP DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODUL DALAM PRAKTIK BOLA VOLI KELAS VII SMP DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN] PDF (EFEKTIVITAS MODUL DALAM PRAKTIK BOLA VOLI KELAS VII SMP DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permainan bola voli dibutuhkan koordinasi gerak yang benar-benar bisa diandalkan untuk melakukan semua gerakan yang ada dalam permainan bolavoli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas modul terhadap kemampuan praktik bola voli siswa kelas VII di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Pembelajaran praktek bola voli di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen masih menggunakan bahan ajar yang belum memperhatikan prosedur pengembangan yang baik sehigga kualitas bahan ajarnya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun modul pembelajaran teknik dasar bola voli untuk siswa kelas VII di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen dan menilai tingkat kelayakan modul pembelajaran sebelum digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan 4D (Four-D). Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi 4 tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji coba lapangan dan tahap diseminasi. Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 2 ahli materi, 1 ahli media, kemudian diuji cobakan pada 106 siswa yang terdiri dari skeolah SMP Ma’arif 2 Alian, SMP Negeri 1 Alian, MTSS Kaudlul Ulum, dan SMP Negeri 2 Satu Atap Alian. Data dikumpulkan dengan angket skala 5 dan wawancara. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dengan mengkategorikan hasil data penilaian dalam 5 kategori yaitu sangat layak, layak, cukup layak, tidak layak dan sangat tidak layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ni secara keseluruhan layak sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, modul pembelajaran ini dikatakan sangat layak dengan persentase 89,7%. Menurut ahli materi, modul pembelajaran ini dikatakan layak dengan persentase 86,5%. Berdasarkan analisis data hasil uji coba lapangan diperoleh kriteria Sangat Layak dengan presentase sebesar 92% dan 85 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Teknik dasar Bola Voli ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penjasorkes Kelas VII SMP di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Kelayakan Modul, Bola Voli.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:49
Last Modified: 16 Sep 2021 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46402

Actions (login required)

View Item View Item