HUBUNGAN KEJADIAN DISMENORE DENGAN TINGKAT KECEMASAN DAN AKTIVITAS FISIK REMAJA PUTRI USIA 16-18 TAHUN


Dian Amalia Sholihah, 6211416107 (2020) HUBUNGAN KEJADIAN DISMENORE DENGAN TINGKAT KECEMASAN DAN AKTIVITAS FISIK REMAJA PUTRI USIA 16-18 TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEJADIAN DISMENORE DENGAN TINGKAT KECEMASAN DAN AKTIVITAS FISIK REMAJA PUTRI USIA 16-18 TAHUN] PDF (HUBUNGAN KEJADIAN DISMENORE DENGAN TINGKAT KECEMASAN DAN AKTIVITAS FISIK REMAJA PUTRI USIA 16-18 TAHUN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dian Amalia Sholihah. 2020. Hubungan Kejadian Dismenore Dengan Tingkat Kecemasan dan Aktivitas Fisik Remaja Putri Usia 16-18 Tahun. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Sri Sumartiningsih, S.Si., M. Kes., Ph. D., AIFO. Dismenore merupakan gangguan menstruasi berupa nyeri perut bagian bawah yang sering dialami oleh remaja putri. Prevalensi dismenore pada remaja putri cukup tinggi. Salah satu penyebab tingginya dismenore adalah faktor psikologis seperti kecemasan. Apabila intensitas nyeri dismenore tinggi maka aktivitas fisik yang dilakukan akan berkurang terutama pada saat di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan kejadian dismenore dengan tingkat kecemasan dan aktivitas fisik. Jenis penelitian ini menggunakan metode metode survey analitik dimana peneliti ingin melihat adakah ada hubungan atau tidak diantara variabel. Pendekatan yang dilakukan dengan cross-sectional. Subjek penelitian terdiri dari 89 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan skala Numeral Rating Scale untuk dismenore, Zung Self Anxiety Scale untuk kecemasan, dan kuesioner untuk aktivitas fisik. Metode analisis data menggunakan uji statistik spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar responden mengalami nyeri berat 49,4%, kecemasan sedang 55,1%, dan juga izin sekolah dikarenakan terkena dismenore sebanyak 41 responden (46,1%). Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa dismenore terhadap kecemasan diperoleh nilai signifikansi (p) adalah 0,008. Dan juga diketahui terhadap aktivitas fisik diperoleh nilai signifikansi (p) adalah 0,001. Simpulan dari penelitian ini adanya hubungan antara kejadian dismenore terhadap tingkat kecemasan dan aktivitas fisik terhadap remaja putri usia 16-18 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Dismenore, Kecemasan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:13
Last Modified: 16 Sep 2021 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46401

Actions (login required)

View Item View Item