PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020


RIJALUL MUHTARIFUDIN, 6101416180 (2020) PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020] PDF (PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah berdasarkan observsi awal di SMP Kabupaten Demak belum ada proses pemanduan bakat dengan metode sport search. Pelatih dan guru kurang memahami tentang pemanduan bakat menggunakan metode sport search, belum pernah diadakan tes pemanduan bakat sport search. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bakat olahraga siswa SMP di Kabupaten Demak tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik mengumpulkan data menggunakan metode angket, tes bakat sport search dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP di Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif presentse. Pengolahan data menggunakan aplikasi software sport search. Populasi siswa SMP di Demak sejumlah 26.051 siswa, data yang diambil sebanyak 187 siswa dan memperoleh hasil analisis data diperoleh sejumlah 45 siswa atau 24,1% peserta tes memiliki minat sesuai dengan bakatnya dan 142 siswa atau 75,9% peserta tes memiliki minat yang tidak sesuai dengan bakatnya. Kesimpulannya ialah siswa SMP di Kabupaten Demak memiliki berbagai bakat olahraga, namun sebagian dari potensinya tidak sesuai dengan minat yang dimiliki siswa. Saran dari peneliti yaitu agar proses pemanduan dan pembinaan bakat lebih ditingkatkan lagi agar prestasi siswa lebih optimal. Adanya penelitian ini diharapkan supaya menjadi sebuah referensi atau alternative untuk proses pemanduan bakat di Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bakat Olahraga, Sport Search, Siswa SMP
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:42
Last Modified: 16 Sep 2021 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46400

Actions (login required)

View Item View Item