ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 7P DI KOLAM RENANGTIRTO ARGO SIWARAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020


Pratanda Pandeana Putri Sujianto, 6101416179 (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 7P DI KOLAM RENANGTIRTO ARGO SIWARAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 7P DI KOLAM RENANGTIRTO ARGO SIWARAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020] PDF (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 7P DI KOLAM RENANGTIRTO ARGO SIWARAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak merupakan kolam renang bertema alam yang terletak di Kabupaten Semarang. Beberapa permasalahan dijumpai dilapangan diantaranya adalah jumlah pengunjung yang datang belum maksimal, strategi pemasaran yang belum efektif, dan pengelolaan yang kurang teratur menjadi permasalahan yang harus segera ditemukan solusinya agar tidak menghambat bisnis untuk berkembang lebih maju. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sasaran pihak pengelola, karyawan, pengunjung Kolam Renang Tirto Argo Siwarak. Teknik analisis data yang digunakan meliputi komponen pengumpulan data, pemeriksaan keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian strategi pemasaran Kolam Renang Tirto Argo Siwarak menunjukan bahwa produk (product) kolam renang bertema alam sesuai dapat menarik antusias minat pengunjung. Harga (price) yang ditawarkan terjangkau untuk umum dan pelajar. Tempat (place) yang strategis mudah dijangkau. Lingkungan fisik (physical evidence) berada di daerah yang masih asri dan udara yang sejuk. Sumber daya manusia (people) tidak ada pelatihan khusus. Promosi (promotion) mengandalkan informasi dari mulut ke mulut. Proses (process) pelayanan ramah sesuai standar baku pelayanan. Strategi pemasaran dilakukan dengan cara pemanfaatan media cetak, dan elektronik serta aktif di sosial media. Promo potongan harga tiket masuk untuk pengunjung, alternatif transaksi pembayaran secara non-tunai, dan secara berkala menyelenggarakan acara (event) di kolam renang. Kesimpulan dan saran, (1) strategi Pemasaran kurang baik menyebabkan potensi penyerapan jumlah pengunjung tidak maksimal, (2) pengelolaan belum profesional sehingga evaluasi manajemen pengelolaan sulit dilakukan. Saran, (1) strategi pemasaran hendaknnya dilakukan dengan baik selalu berinovasi menyesuaikan perkembangan pasar, (2) rekrut tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi, (3) perbaikan pada atribut-atribut yang rusak atau belum ada, (4) tingkatkan mutu pelayanan, dan (5) berikan edukasi kepada pengunjung agar disiplinmenaatiperaturandikolamrenang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Pengelolaan, dan Kolam Renang.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:36
Last Modified: 16 Sep 2021 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46399

Actions (login required)

View Item View Item