PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI


Harris Afriantono, 4301416078 (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI] PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi sudah menjadi hal yang melekat dengan zaman sekarang ini. Dimulai dari perkembangan industri 4.0 yang membuat manusia semakin praktis hingga merambah pada dunia pendidikan. Teknologi banyak memberikan peran pada media pembelajaran yang lebih interaktif. Studi literatur menunjukan bahwa terdapat keefektifan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi android sebagai media interaktif pada materi hidrolisis yang diharapkan teruji layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran. Penelitian dirancang dengan mengembangkan produk menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian pada uji coba skala kecil berasal dari kelas XI MIPA 3 sebanyak 15 orang yang dipilih secara purposive sampling dan uji coba skala besar melibatkan 34 siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Demak. Data penelitian berupa skor kelayakan pada angket. Hasil validasi kelayakan media menunjukkan skor kelayakan yang diperoleh pada masing masing aspek sebesar 21,5 dari skor maksimal 24 dengan kriteria penilaian sangat baik dari validator ahli materi. Validator ahli Bahasa memperoleh skor sebesar 23,5 dari skor maksimal 24 dengan kriteria sangat baik dan pada aspek media skor kelayakan yang diperoleh sebesar 57,5 dari skor maksimal 60 dengan kriteria skor sangat baik. Keefektifan hasil belajar dari media interaktif yang dikembangkan dapat dilihat dari perolehan ketuntasan klasikal setelah dilakuka treatment dan diperoleh sebesar 76,4%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak teruji dan efektif digunakan dalam pembelajaran. vii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Media Interaktif, Hidrolisis.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:06
Last Modified: 16 Sep 2021 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46395

Actions (login required)

View Item View Item