PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP TERHADAP MITIGASI BENCANA PEMANASAN GLOBAL DI KOTA SEMARANG


Meylinda Pratiwi, 4201416055 (2020) PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP TERHADAP MITIGASI BENCANA PEMANASAN GLOBAL DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP TERHADAP MITIGASI BENCANA PEMANASAN GLOBAL DI KOTA SEMARANG] PDF (PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP TERHADAP MITIGASI BENCANA PEMANASAN GLOBAL DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains peserta didik di Indonesia menurut PISA 2018 masih rendah. Rendahnya literasi sains peserta didik ditandai dengan lemahnya penguasaan konsep, kompetensi dan sikap terhadap fenomena sains. Penguasaan terhadap fenomena sains di lingkungan sekitar akan lebih bermakna apabila didekatkan melalui pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil literasi sains peserta didik mengenai bencana pemanasan global di Kota Semarang dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian gabungan (mixed methods) sekuensial eksplanatoris yang dilakukan di SMP Negeri 10 Semarang sebagai sekolah terdekat bencana dan SMP Negeri 21 Semarang sebagai sekolah terjauh bencana. Instrumen yang digunakan meliputi tes tertulis, angket dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dan diinterpretasi menggunakan deskriptif-persentase kemudian ditarik simpulannya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan literasi sains antara peserta didik di sekolah dekat lokasi bencana dan di sekolah jauh dari lokasi bencana dengan nilai rerata masing-masing adalah 44,41% dan 61,91%. Dimana sekolah yang dekat dengan lokasi bencana memperoleh skor literasi sains lebih rendah dibandingkan sekolah jauh dari bencana. Artinya, lokasi sekolah terhadap bencana bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi literasi sains peserta didik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi literasi sains diantaranya: metode pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan; pengalaman praktikum pada saat pembelajaran IPA; kurangnya minat peserta didik terhadap sains; kegiatan wajib literasi di sekolah; dan pengalaman mengerjakan instrumen evaluasi berbasis literasi sains.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, mitigasi bencana, pemanasan global
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:02
Last Modified: 16 Sep 2021 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46393

Actions (login required)

View Item View Item