PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TUTORIAL BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVISME UNTUK MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X KURIKULUM 2013 DI SMK
Muhammad Aji Setiawan, 1102415063 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TUTORIAL BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVISME UNTUK MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X KURIKULUM 2013 DI SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TUTORIAL BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVISME UNTUK MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X KURIKULUM 2013 DI SMK)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum 2013 mewajibkan peserta didik untuk mengkonstruksikan atau membangun pemikirannya sendiri, sehingga dalam pembelajaran siswa seharusnya lebih aktif daripada guru. Untuk membangun pemikiran siswa, akan lebih mudah jika menggunakan media pembelajaran. Di zaman modern ini, media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi akan lebih menarik minat siswa untuk belajar, salah satunya yaitu media pembelajaran video interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan menggunakan model ADDIE, menguji kelayakan, dan mengukur kefektifan video interaktif tutorial berbasis teori konstruktivisme untuk materi perakitan komputer bagi siswa kelas sepuluh di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation), Subjek dalam penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran perakitan komputer dan peserta didik kelas X RPL1 SMK Negeri 1 Bangsri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, angket, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman obs, pedoman wawancara, soal pretest dan posttest, dan angket. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Metode analisis data menggunakan uji normalitas dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran yang dikembangkan adalah video interaktif yang melalui tahapan analisis, desain, pengembangan (pra produksi, produksi, post produksi), implementasi, dan evaluasi, (2) hasil validasi dari dua ahli media didapatkan hasil rata-rata 98,66% dengan kriteria sangat baik, (3) hasil pretest dan posttest didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,005 dengan nilai t hitung sebesar -14,288 dengan nilai t tabel dilihat dari tabel distribusi t pada nilai df 31 sebesar 2,039. Nilai probabilitas atau p value uji T paired sebesar 0,000. hal ini berarti media video pembelajaran efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diharapkan mampu digunakan sebagai rujukan di bidang pendidikan terutama pengembangan media pembelajaran sehingga mampu memberikan pengetahuan dan wacana baru tentang pengembangan media pembelajaran. Kata kunci: media video interaktif; perakitan komputer; teori konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: media video interaktif; perakitan komputer; teori konstruktivisme |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 16:20 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 16:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46392 |
Actions (login required)
View Item |