Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik berdasarkan Penerapan Blok Sistem di Kelas XI Multimedia SMK Negeri 11 Semarang


Gigih Muhammad Ridho, 1102414107 (2020) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik berdasarkan Penerapan Blok Sistem di Kelas XI Multimedia SMK Negeri 11 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik berdasarkan Penerapan Blok Sistem di Kelas XI Multimedia SMK Negeri 11 Semarang] PDF (Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik berdasarkan Penerapan Blok Sistem di Kelas XI Multimedia SMK Negeri 11 Semarang) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Analisis Faktor, Prestasi Belajar, Blok Sistem Prestasi belajar erat kaitannya dengan proses pembelajaran di sekolah. Pemerintah telah banyak memberikan kebijakan-kebijakan sebagai upaya untuk memperbaiki pendidikan di Negeri ini.Dewasa ini kemendikbud memberikan terobosan baru mengenai sistem penjadwalan di Sekolah Menengah Kejuruan yang disebut Blok Sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor dominan apa saja yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan diterapkannya sistem blok di Kelas XI Multimedia SMK Negeri Semarang.Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi 142 siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 11 Semarang yang selanjutnya dihitung menggunakan rumus slovin dan mendapatkan sample sebanyak 106 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, dari 6 faktor yang diujikan, terdapat 4 faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa berdasarkan diterapkannya sistem blok. Faktor Jasmaniah, faktor kelelahan, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah menjadi faktor yang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan diterapkannya blok sistem. Faktor kelelahan menjadi faktor yang paling dominan dengan pengaruh sebesar 45,2%. Berdasarkan hasil tersebut, keempat faktor mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa bersarakan diterapkannya blok sistem. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian lebih dari empat faktor tersebut

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis Faktor, Prestasi Belajar, Blok Sistem
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 13:59
Last Modified: 15 Sep 2021 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46389

Actions (login required)

View Item View Item