EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL SEBAGAI SARANA PENANAMAN BUDAYA LITERASI DAYA BACA SISWA SMP


SULKHAN, NIM : 1102414053 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL SEBAGAI SARANA PENANAMAN BUDAYA LITERASI DAYA BACA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL SEBAGAI SARANA PENANAMAN BUDAYA LITERASI DAYA BACA SISWA SMP] PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL SEBAGAI SARANA PENANAMAN BUDAYA LITERASI DAYA BACA SISWA SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas daya baca siswa bisa dibangun dengan adanya kebiasaan membaca. Sehingga diperlukan kebiasaan membaca dengan program budaya literasi bagi lembaga pendidikan. Pentingnya budaya literasi guna membangkitkan motivasi siswa dalam membaca. Salah satu upaya meningkatkan budaya literasi dalam meningkatkan daya baca bagi siswa dengan memanfaatkan jejaring sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan jejaring sosial sebagai sarana penanaman budaya literasi daya baca siswa SMP Demak, dan keefektifan penggunaan jejaring sosial sebagai sarana penanaman budaya literasi daya baca siswa SMP Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Demak, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIIA sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner, dengan jenis metode penelitian eksperimen menggunakan pretest-postest design. Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan jejaring sosial sebagai sarana penanaman budaya literasi daya baca siswa SMP 1 Demak yang telah dilaksanakan pada siswa kelas eksperimen dapat dikatakan sudah sangat baik, yang meliputi 4 aspek/indicator dengan persentase sebesar 87,5%. Penggunaan jejaring sosial pada siswa kelas VIII sudah efektif digunakan sebagai sarana penanaman budaya literasi daya baca siswa SMP 1 Demak, dengan indikasi: 1) adanya perbedaan antara nilai budaya literasi daya baca siswa kelas eksperimen pada sebelum dan sesudah menggunakan jejaring social dengan rata-rata nilai 9.93 (Pretest) menjadi 21.41 (PostTest) dengan peningkatan sebesar 11,48%. 2) adanya perbedaan antara nilai budaya literasi daya baca siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sesudah menggunakan jejaring social dengan rata-rata nilai postest sebesar 18.23 pada kelas kontrol dan rata-rata nilai postest sebesar 21.41 pada kelas eksperimen, dengan selisih perbedaan rata-rata sebesar 3.18.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 13:41
Last Modified: 15 Sep 2021 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46386

Actions (login required)

View Item View Item