ANALISIS KONSEP SOCRATIVE DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 3 SLAWI
Finita Prima Ariesta, 1102414004 (2020) ANALISIS KONSEP SOCRATIVE DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 3 SLAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (ANALISIS KONSEP SOCRATIVE DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 3 SLAWI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Analisis Konsep Socrative, Proses Pembelajaran, Sosiologi. Pada era perkembangan teknologi seperti sekarang, siswa dituntut agar mampu belajar secara mandiri. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh munculnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan atau yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan e-learning. Salah satu e-learning yang dapat digunakan untuk pembelajaran yaitu Socrative. Socrative merupakan student response system yang memungkinkan guru untuk membuat kuis atau permainan interaktif dan melibatkan siswa secara langsung. Pembelajaran mengunakan Socrative mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Selain itu pembelajaran menggunakan Socrative menjadikan kemampuan interaksi antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lainnya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi meningkat, selain itu pembelajaran menggunakan Socrative melalui android diharapkan dapat mengubah perilaku belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sosiologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain implementasi pembelajaran menggunakan Socrative, kelebihan dan kekurangannya pembelajaran sosiologi menggunakan Socrative dan hidden curriculum yang muncul dalam pembelajaran menggunakan Socrative. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif penelitian kualitatif dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan dan mendiskripiskan hasil penelitian tentang penerapan media digital Socrative untuk proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Slawi. Subjek penelitiannya yaitu Guru mata pelajaran Sosiologi, dan siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 SMA Negeri 3 Slawi. Akurasi data diperoleh melalui proses triangulasi. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah trianggulasi metode dengan teknik pemeriksaan yang memanfaatkan pengguna sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikerahui bahwa selama proses pembelajaran berlangsung respon peserta didik antara lain Asik, Menarik, Seru, Santai, Nyaman dan mudah dipahami hal tersebut muncul karena tidak adanya kendala selama proses pembelajaran, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan Handphone serta dilaksanakan dalam kelompok yang membuat peserta didik merasa seperti sedang bermain bukan belajar yang mengakibatkan mereka merasa relax. Penggunaan media Socrative dalam mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 3 Slawi hanya digunakan pada saat proses pengambilan nilai. Hal tersebut dilakukan karena media Socrative dirasa mempermudah pekerjaan guru, serta membuat siswa merasa tertarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis Konsep Socrative, Proses Pembelajaran, Sosiologi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 13:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 13:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46385 |
Actions (login required)
View Item |