PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA (STUDI PENGEMBANGAN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA TUMBUHAN DAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 TUNTANG)


Faradya Imvarica, 1102413115 (2020) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA (STUDI PENGEMBANGAN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA TUMBUHAN DAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 TUNTANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA (STUDI PENGEMBANGAN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA TUMBUHAN DAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 TUNTANG)] PDF (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA (STUDI PENGEMBANGAN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA TUMBUHAN DAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 TUNTANG)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Edukasi, Biologi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa game edukasi berbasis android dan mengukur kelayakan dari produk tersebut ditinjau dari empat aspek desain dan tampilan, navigasi, konten dan materi. Materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan dan hewan yang terdapat pada mata pelajaran biologi kelas XI dipilih sebagai konten game edukasi. Teknik permainan yang digunkan berupa isian,pemilihan antara benar dan salah, dan drag and drop. Penelitian ini menggunkan metode penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan dkk yaitu4-D (define, design, development dissemanate). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara dengan teknik analisis data yang digunakan adalah . Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif presentase. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Tuntang yang kemudian diambil sebanyak 37 siswa yang merupakan siswa kelas XI IPA 4 yang diambil menggunakan teknik sampling. Game edukasi berbasis android ini telah divalidasi oleh ahli media yang diperoleh presentase skor hasil validasi rata-rata ahli media 91% aspek desain, tampilan dan pengoperasian yang masuk dalam kriteria sangat layak. Serta presentase skor validasi rata-rata ahli materi 90% dari aspek pendahuluan, pendidikaan dan isi yang masuk dalam kriteria sangat layak. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis android telah layak digunakan secara teoritik. Berasarkaan simpulan tersebut maka dapat disarankan game edukasi berbasis android dapat di manfaatkan sebagai reverensi media pembelajaran dalam mata pelajaran biologi materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada tumbuhan dan hewan dalam mendongkrak minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Edukasi, Biologi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 13:32
Last Modified: 15 Sep 2021 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46384

Actions (login required)

View Item View Item