EVALUASI PEMANFAATAN MODUL DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON SEMARANG


Fathun Niam, 1102413084 (2020) EVALUASI PEMANFAATAN MODUL DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PEMANFAATAN MODUL DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON SEMARANG] PDF (EVALUASI PEMANFAATAN MODUL DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Evaluasi, Modul Digital, Pemanfaatan, Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya modul digital dari pemerintah, yang sudah diterapkan dalam pembelajaran di SMK Palebon Semarang. Digunakan sebagai salah satu bahan ajar, namun belum melalui tahap evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pada aspek pemanfaatan modul digital yang telah diterapkan dalam pembelajaran daring di SMK Palebon Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif serta menggunakan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan traingulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital telah diterapkan dalam pembelajaran yakni sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran desain multimedia sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan pandemi. Data utama yang dipakai dalam penelitian ini adalah hasil dari wawancara serta observasi dalam proses kegiatan belajar mengajar secara daring, serta dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti perangkat pembelajaran guru. Penentuan kenaikan kelas sekolah melaksanakan penilaian dengan Ujian Kenaikan Kelas dan untuk menentukan kelulusan peserta didik dengan Ujian Nasional. Evaluasi pemanfaatan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program ini dapat dimanfaatkan dan apakah program ini perlu untuk dikembangkan lagi. Kendala pelaksanaan secara umum tidak ada. Saran yang penulis ajukan disini adalah mengharapkan agar program ini dapat dikembangkan lagi dengan melengkapi konten yang lebih menarik dan juga alangkah baiknya jika dapat dimanfaatkan oleh khalayak umum

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Evaluasi, Modul Digital, Pemanfaatan, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 10:30
Last Modified: 15 Sep 2021 10:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46382

Actions (login required)

View Item View Item