PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT UNTUK SISWA KELAS 2 SDN SUKOHARJO 03 PATI


Tri Wibawan, 1102413009 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT UNTUK SISWA KELAS 2 SDN SUKOHARJO 03 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT UNTUK SISWA KELAS 2 SDN SUKOHARJO 03 PATI] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA CARA SHOLAT UNTUK SISWA KELAS 2 SDN SUKOHARJO 03 PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Tata Cara Sholat, Aplikasi Belajar Sholat. Siswa pada jenjang usia kelas 2 sekolah dasar yang baru belajar dan mengenal tata cara sholat namun pembelajaran konvensional kurang diminati sehingga pemanfaatan media pembelajaran berbasis adroid berupa aplikasi belajar sholat diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran tata cara sholat bagi siswa kelas 2 SDN Sukoharjo 03 Pati. Jenis penelitian ini yaitu research and devepoment dengan model 4-D (four D) yang meliputi define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan angket ahli media dan ahli materi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengembangan media pembelajaran tata cara sholat untuk siswa kelas 2 menggunakan model 4D (four D). Tahap pendefinisian (define) dilakukan menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran PAI khususnya materi sholat fardhu berupa tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran tata cara sholat berbasis android untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam praktik sholat sesuai tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) dilakukan dengan membuat rancangan media pembelajran tata cara sholat berupa desain materi bacaan sholat, gerakan sholat, dan desain quiz, Tahap pengembangan (develop) dilakukan dengan mengubah desain dalam naskah menjadi sebuah program yang berisi teks, suara, gambar, dan animasi menggunakan Adobe Flash animate dan melakukan penggabungan kartun animasi dengan efek suara. Aplikasi belajar sholat dengan model model pengembangan 4-D (Four D) sudah sangat baik atau sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran materi dan praktik sholat fardhu. Hal ini terbukti dari hasil pengujian atau validasi materi dan validasi media aplikasi belajar sholat diperoleh persentase rata-rata sebesar 90% sehingga berada dalam kriteria “sangat baik atau sangat layak”. Simpulan penelitian yaitu media pembelajaran tata cara sholat hasil pengembangan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sholat fardhu untuk siswa kelas 2 SD. Oleh karena itu saran peneliti yaitu hendaknya guru menggunakan media pembelajaran tata cara sholat untuk mengatasi permasalahan siswa seperti kurangnya minat siswa dalam belajar dan kebosanan siswa dalam belajar dengan sistem pengajaran konvensional sehingga diharapkan benar-benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Tata Cara Sholat, Aplikasi Belajar Sholat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 10:21
Last Modified: 15 Sep 2021 10:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46379

Actions (login required)

View Item View Item