PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS MIND MAPPING (PREPPING) PADA MUATAN PPKN KELAS IV SD NEGERI PUNDENREJO PATI


Sukma Ratna Pratiwi, 1401416032 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS MIND MAPPING (PREPPING) PADA MUATAN PPKN KELAS IV SD NEGERI PUNDENREJO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS MIND MAPPING (PREPPING) PADA MUATAN PPKN KELAS IV SD NEGERI PUNDENREJO PATI] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS MIND MAPPING (PREPPING) PADA MUATAN PPKN KELAS IV SD NEGERI PUNDENREJO PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SDN Pundenrejo ditemukan permasalahan berupa media pembelajaran yang digunakan guru hanya terbatas pada gambar dan peta yang tertempel di dinding kelas serta belum memfasilitasi pembelajaran PPKn yang membutuhkan media berbasis teknologi, sehingga menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran Prezi berbasis mind mapping (Prepping) pada muatan PPKn kelas IV SDN Pundenrejo Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran Prezi berbasis mind mapping (Prepping) pada muatan PPKn kelas IV SD Negeri Pundenrejo Pati. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang menggunakan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pundenrejo sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Prepping sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 90,63%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 93,75% dan kelayakan kebahasaan oleh ahli bahasa sebesar 89,06%. Hasil uji t yaitu thitung = 19,7061 > ttabel = 2,0553, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Prepping efektif digunakan pada pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa. Hal ini diperkuat oleh N-gain data pretest dan posttest sebesar 0,3821 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Prepping sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKn kelas IV materi keragaman suku bangsa, bahasa daerah, dan agama di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran Prepping pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Media pembelajaran Prepping, Prezi, mind mapping, PPKn

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media pembelajaran Prepping, Prezi, mind mapping, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 10:05
Last Modified: 15 Sep 2021 10:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46377

Actions (login required)

View Item View Item