PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI


Rizki Nurwati, 1601413016 (2020) PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI] PDF (PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: kecerdasan naturalis, kegiatan menanam, hasil belajar. Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang memiliki kemampuan untuk memahami lingkungan sekitar (flora, fauna, bunga, pohon, hewan dan lainnya) memahami dampak alam terhadap diri sendiri. Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang mengenali dan mengkalrifikasikan flora dan fauda serta menikmati persekutuan dengan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis dan untuk mengetahui efektifivitas kegiatan menanam bibit tanaman sayur di Tk Permata Genting Cepogo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah anak-anak yang bersekolah di TK Permata Genting Permata Cepogo Boyolali Kelompok B yang seluruhnya berjumlah 31 anak dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu anak-anak yang bersekolah di TK Permata Genting Permata Cepogo Boyolali Kelompok B yang berjumlah 31 anak dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes berupa angket. Indikator efektifitas kegiatan menanam bibit tanaman sayur untuk meningkatkan kecerdasan naturalis adalah 1) uji t berbeda dan lebih baik, dan 2) hasil uji N-Gain berbeda dan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t nilai Sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka artinya nilai posttest berbeda dan lebih baik dibandingkan nilai pretest. Uji N-Gain pada kategori sedang (100%). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan menanam bibit tanaman sayur untuk meningkatkan kecerdasan naturalis efektif diterapkan pada anak di TK Permata Genting Cepogo Boyolali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kecerdasan naturalis, kegiatan menanam, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:48
Last Modified: 15 Sep 2021 09:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46374

Actions (login required)

View Item View Item