FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CADANGAN DEVISA INDONESIA TAHUN 2010-2018


Fatra Yuda Handijaya, NIM. 7111415014 (2020) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CADANGAN DEVISA INDONESIA TAHUN 2010-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CADANGAN DEVISA INDONESIA TAHUN 2010-2018] PDF (FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CADANGAN DEVISA INDONESIA TAHUN 2010-2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Devisa, Ekspor, Impor, Suku Bunga, Utang Luar Negeri, Indonesia Cadangan devisa adalah salah satu hal terpenting bagi negara. kemajuan suatu negara dapat diukur salah satunya dari seberapa banyak cadangan devisa yang dimiliki oleh suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi cadangan devisa Indonesia pada 2010-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Diperoleh dari Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik Indonesia, Kementrian Perdagangan Indonesia, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah old (Ordinary Least Square) dengan model analisis regresi linear berganda. Periode pengamatan dalam penelitian ini adalah sembilan tahun menggunakan data bulanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspor tidak signifikan berpengaruh terhadap cadangan devisa dan memiliki arah yang positif, impor tidak signifikan berpengaruh terhadap cadangan devisa dan memiliki arah yang negatif, kemudian suku bunga tidak signifikan berpengaruh terhadap cadangan devisa dan memiliki arah yang negatif, dan utang luar negeri signifikan berpengaruh terhadap cadangan devisa dan memiliki arah yang positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan agar Negara Indonesia tetap waspada terhadap dominasi utang luar negeri sebagai sumber terbesar dalam meningkatkan cadangan devisa supaya tidak terjadi debt overhang serta menjaga batas aman dari utang luar negeri yaitu 60% tetapi untuk Indonesia harusnya dibawah itu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Devisa, Ekspor, Impor, Suku Bunga, Utang Luar Negeri, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:47
Last Modified: 15 Sep 2021 08:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46367

Actions (login required)

View Item View Item