TRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TENUN SARUNG GOYOR DI CV. SULTAN TEX TALANG KABUPATEN TEGAL
Bunga Mulia Wicaksono, NIM 7101416023 (2021) TRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TENUN SARUNG GOYOR DI CV. SULTAN TEX TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (TRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TENUN SARUNG GOYOR DI CV. SULTAN TEX TALANG KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, SWOT, Tenun Sarung Goyor Usaha memerlukan strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. CV. Sultan Tex merupakan suatu industri yang berlokasi di wilayah Kabupaten Tegal, yang bergerak dibidang tekstil dengan produk yang dihasilkan berupa tenun sarung goyor. Produk tenun sarung goyor CV. Sultan Tex sepenuhnya menjadi komoditas ekspor. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui strategi pengembangan produksi industri tenun sarung goyor CV. Sultan Tex. 2) Mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia industri tenun sarung goyor CV. Sultan Tex. 3) Mengetahui strategi pengembangan manajemen perusahaan industri tenun sarung goyor CV. Sultan Tex. 4) Mengetahui strategi pengembangan pemasaran industri tenun sarung goyor CV. Sultan Tex. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatf, data yang telah terkumpul akan diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu data kuantitatif yang berbentuk angka dan data kualitatif yang diuraikan menggunakan kata-kata. Metode pengumpulan data melalui kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diketahui total skor faktor strategi internal sebesar 3,37 sedangkan total skor faktor strategi eksternal sebesar 3,30. Dalam internal-eksternal matriks, industri tenun sarung goyor CV. Sultan Tex berada pada kuadran I dengan strategi pertumbuhan melalui integrasi vertikal, hal ini dapat dicapai dengan cara menurunkan harga, menambah kualitas produk, mengembangkan produk baru maupun memperluas pemasaran. Matriks analisis SWOT Industri tenun sarung goyor CV. Sultan Tex berada pada posisi kuadran I yaitu mendukung strategi agresif. Saran yang dapat diberikan yaitu melakukan inovasi terhadap desain tenun sarung goyor, melakukan promosi online melalui website resmi, maupun media sosial, menciptakan Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan serta segera mengimplementasikannya sebagai upaya untuk memperbaiki sistem manajemen perusahaan dan supaya tidak ada lagi tumpang tindih jabatan dan pekerjaan serta semua bidang pekerjaan berjalan secara optimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Pengembangan, SWOT, Tenun Sarung Goyor |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 08:00 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 08:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46362 |
Actions (login required)
View Item |