STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI ALPUKAT WINA DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS


Amelia Nurul Malichah, NIM 7111416032 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI ALPUKAT WINA DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI ALPUKAT WINA DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS] PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI ALPUKAT WINA DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Usahatani Alpukat Wina Analytical Hierarchy Process Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan menyusun strategi pengembangan usahatani alpukat wina, serta mengetahui hambatan dan solusi dalam pengembangan usahatani alpukat wina di Desa Jetis Kecamatan Bandungan. Untuk mengetahui dan untuk menentukan urutan prioritas strategi dalam pengembangan usahatani alpukat wina di Desa Jetis Kecamatan Bandungan menggunakan alat analisis Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui solusi serta hambatan pengembangan usahatani alpukat wina dan Analisis Hierarki Proses (AHP) digunakan untuk menentukan skala prioritas dalam pengembangan usahatani alpukat wina. Informan dalam penelitian ini terdapat 5 keypersons yang ditentukan secara purposive terdiri dari dinas dinas terkait, petani alpukat wina, civitas akademik dan Kecamatan Bandungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis AHP menunjukan urutan prioritas pengembangan usahatani alpukat wina di Desa Jetis Kecamatan Bandungan adalah aspek kelembagaan dengan persentase 73,1%, aspek sumber daya manusia dengan presentase 18,8%, dan aspek infrastruktur dengan persentase 8,1%. Saran yang dapat diberikan penulis petani melakukan penguatan kelembagaan dengan menjalin kemitraan dengan para pelaku usaha terkait, melaksanakan proses pendampingan mengenai penyuluhan pertanian dari awal proses budidaya hingga proses tahap akhir yaitu tahap pemasaran. Pihak swasta terkait diharapkan mampu menggandeng serta memberikan dukungan berupa hubungan mitra usaha yang sustainable atau berkelanjutan sehingga dapat membantu memberikan informasi terbaru yang mendukung proses pengembangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Usahatani Alpukat Wina
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:53
Last Modified: 15 Sep 2021 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46361

Actions (login required)

View Item View Item