PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


AHMAD CILVIAN, NIM 7101416324 (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING] PDF (PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Keputusan Pembelian Online, Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Risiko, Minat Beli. Internet pada era milenial ini menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya internet terbentuklah perusahaan e-commerce yang bergerak melalui jaringan internet, salah satunya yang paling dikenal yaitu marketplace. Berdasarkan APJII (Asosisasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia ke-2 berumur antara 20-24 tahun. Hal tersebut berarti mahasiswa merupakan penguna internet paling banyak no-2 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran minat beli dalam memediasi pengaruh kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan risiko terhadap keputusan pembelian online mahasiswa FE UNNES Angkatan 2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi pengujian hipotesis (hipotesis study). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 sebanyak 1028 mahasiswa dan diambil sample sebanyak 136 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate simple random sampling. Metode pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan keputusan pembelian online dalam kriteria baik, kepercayaan dalam kriteria tinggi, persepsi kemudahan penggunaan dalam kriteria sangat baik, risiko dalam kriteria cukup tinggi dan minat beli dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online. Risiko berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian online. Kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, berpengaruh terhadap minat beli sedangkan risiko berpengaruh negatif terhadap minat beli. Hasil uji sobel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian online melalui minat beli. Sedangkan risiko berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian online melalui minat beli. Peran minat beli dalam memediasi kepercayaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian online bersifat memediasi sebagian. Sedangkan peran minat beli dalam memediasi risiko terhadap keputusan pembelian online bersifat memediasi penuh. Mahasiswa disarankan untuk melihat testimoni pembelian oleh orang lain agar meminimalkan risiko yang diterima, mempertahankan kepercayaan yang dimiliki kemudian merekomendasikan kepada orang lain, dan bagi mahasiswa yang sudah mahir melakukan pembelian secara online diharapkan dapat membimbing orang lain yang belum paham untuk melakukan pembelian secara online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keputusan Pembelian Online, Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Risiko, Minat Beli.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:36
Last Modified: 15 Sep 2021 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46358

Actions (login required)

View Item View Item