ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN OVO MOBILE PAYMENT


Sarjuki, 7211416149 (2020) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN OVO MOBILE PAYMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN OVO MOBILE PAYMENT] PDF (ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN OVO MOBILE PAYMENT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Finansial Teknologi, Minat Penggunaan, OVO Mobile Payment Digital Payment merupakan teknologi yang memberikan pandangan baru bagi masyarakat tentang pembayaran non-tunai yang jauh lebih praktis dan aman dalam bertranksaksi. Salah satu produk dari Digital Payment adalah e-money. Di Indonesia tingkat penggunaan e-money tumbuh sangat pesat. Pertumbuhan yang pesat tersebut dapat dilihat dari data Bank Indonesia (BI) tentang transaksi pengguna e-money pada tahun 2019. Pada awal tahun terdapat 274,687,548 transaksi, kemudian pada akhir tahun meningkat menjadi 515,195,069 tranksaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi minat seseorang untuk menggunakan OVO Mobile Payment. Minat seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini didasarkan pada teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2), TRA (Theory of Reasoned Action), dan Perceived Risk. Penelitian ini menggunakan data primer dengan populasi warga masyarakat Kota Semarang. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Jumlah responden yang dibutuhkan sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan Partial Least Square menggunakan aplikasi Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Subjective Norm, Risk berpengaruh positif terhadap minat menggunakan OVO Mobile Payment. Namun, variabel Attitude tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan OVO Mobile Payment. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk lebih memperluas sampel penelitian dan menambah variabel independen yang diduga berpengaruh terhadap minat menggunakan OVO Mobile Payment

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Finansial Teknologi, Minat Penggunaan, OVO Mobile Payment
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:29
Last Modified: 15 Sep 2021 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46357

Actions (login required)

View Item View Item