KAJIAN PERKEMBANGAN SABAH BATIK DI MALAYSIA


Feren Novita Sary, 5403416047 (2020) KAJIAN PERKEMBANGAN SABAH BATIK DI MALAYSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KAJIAN PERKEMBANGAN SABAH BATIK DI MALAYSIA] PDF (KAJIAN PERKEMBANGAN SABAH BATIK DI MALAYSIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

UNESCO telah mengukuhkan batik sebagai mahakarya pusaka kemanusiaan lisan dan tak benda kepada Indonesia. Batik juga cukup dikenal oleh Negara tetangga kita Malaysia, sehingga sekarang ini banyak perajin-perajin batik disana, salah satunya adalah Sabah batik, industri batik di kota Kinabalu yang sudah cukup lama berdiri. Sabah batik merupakan salah satu perajin yang memiliki cirikhas pada motif batik nya yaitu geometri disebut motif etnik sabah. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: (1).Bagaimana perkembangan batik di Sabah Batik, (2).Bagaimana fakta sejarah munculnya batik di Malaysia, (3).Identifikasi motif batik yang ada di Sabah Batik Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menghasilkan data bersifat deskriptif berupa kata–kata dan gambar. Data diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi didukung pedoman berdasarkan fokus penelitian. Data hasil penelitian kualitatif sebelum dilakukan analisis data dilakukan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan tiga tahap antara lain: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) industri batik di sabah batik Malaysia terus berkembang hingga saat ini, namun sekarang ini perkembangannya tidak cukup signifikan dari tahun 2010 ke tahun 2019, karena batik bukanlah budaya asli mereka sehingga peminat batik tidak cukup banyak, batik hanyalah sebagai upaya agar pengusaha kerajinan disana dapat menghasilkan dan dapat membuka lapangan pekerjaan 2) Munculnya batik di Malaysia adalah dampak dari hubungan perdagangan antara Kerajaan Melayu di Jambi dengan kota-kota pesisir Jawa 3) Sabah Batik menghasilakan batik cap dan batik tulis, motif batik yang dihasilkan di Sabah Batik kebanyakan adalah motif geometri yang diberi nama motif etnik sabah, dengan suber ide buku tenunan sabah Malaysia yang mana setiap motifnya akan disetilir sesuai dengan cirikhas dan rasa hati pemilik sabah batik yang kemudian motif tenunan tersebut menjadi motif batik dengan cirikhas usaha Sabah Batik ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kajian, Batik, Sabah dan Malaysia.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:20
Last Modified: 15 Sep 2021 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46354

Actions (login required)

View Item View Item