Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri.
Heni Rosdiana , 3301402119 (2006) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri.)
- Published Version
Download (30kB) | Preview |
Abstract
Heni Rosdiana, 2006. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri. Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I : Drs. Sukirman, M.Si, Dosen Pembimbing II : Dra. Murwatiningsih, M.M. Kata Kunci : Sumber belajar, Hasil Belajar Sumber belajar adalah segala sesuatu baik yang ada diluar diri peserta didik berupa perangkat materi yang sengaja diciptakan dengan maksud untuk memberikan kesempatan dan kemudahan kepada peserta didik dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dalam proses belajar mengajar. Sebagai salah satu yang mempengaruhi siswa dalam belajar, sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan diperoleh siswa. Siswa yang memanfaatkan sumber belajar dengan baik akan memperoleh hasil belajar yang optimal. Namun kebenaran dari argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI ilmu pengetahuan sosial semester II SMA Negeri 2 Wonogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI ilmu pengetahuan sosial semester II SMA Negeri 2 Wonogiri. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI ilmu pengetahuan sosial semester II SMA Negeri 2 Wonogiri sejumlah 127 siswa. Pengambilan sampel sejumlah 100 siswa dilakukan dengan teknik random sampling. Ada 2 (dua) macam variabel yang diuji dalam penelitian ini, yaitu : (1) variabel pemanfaatan sumber belajar (X) dan (2) hasil belajar akuntansi siswa sebagai variabel (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode dokumentasi dan metode angket. Data dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan koefisien ∧ Υ= 6,985 + 1,159X. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai F hitung sebesar 36,083. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi, dan koefisien determinasi r2 = 0,269 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 26,9% sedangkan sisanya 73,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan bahwa pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak baik sekolah, guru, keluarga maupun siswa dan peneliti selanjutnya. Pihak sekolah diharapkan terus meningkatkan penyediaan sumber belajar dengan pengadaan guru yang perofesional dibidangnya, buku-buku pelajaran yang lebih lengkap diperpustakaan, perlengkapan belajar yang memadai sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar bagi siswa. Guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk memanfaatkan sumber belajar yang lebih luas dengan memberikan latihan-latihan sehingga siswa aktif dalam belajar. Bagi siswa perlu meningkatkan motivasi dalam memanfaatkan segala sumber belajar baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga seperti sering memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk menambah pengetahuan. Terdapat kerjasama yang baik antara guru dengan siswa dalam memanfaatkan lingkungan sekolah seperti ruang kelas beserta alat dan perlengkapan belajar dengan sebaik-baikknya. Untuk peneliti selanjutnya dapat menambah variabel penelitian seperti motivasi, bakat, minat, materi pelajaran, metode pembelajaran, atau variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar para siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sumber belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 26 Sep 2011 03:38 |
Last Modified: | 26 Sep 2011 03:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4635 |
Actions (login required)
View Item |