ANALISIS KUALITAS SUMINAGASHI PADA KAIN POLIESTER SATIN, CAMPURAN POLIESTER, DAN CREPE


Afifah Widyaningrum, 5403416040 (2020) ANALISIS KUALITAS SUMINAGASHI PADA KAIN POLIESTER SATIN, CAMPURAN POLIESTER, DAN CREPE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KUALITAS SUMINAGASHI PADA KAIN POLIESTER SATIN, CAMPURAN POLIESTER, DAN CREPE] PDF (ANALISIS KUALITAS SUMINAGASHI PADA KAIN POLIESTER SATIN, CAMPURAN POLIESTER, DAN CREPE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Teknik marbling merupakan salah satu teknik pewarnaan yang memiliki potensi pengembangan yang sangat besar karena belum popular di masyarakat. Teknik marbling yang digunakan adalah suminagashi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kulalitas motif marbling, ketahanan luntur, dan kesukaan produk hijab suminagashi pada jenis kain poliester satin, campuran poliester, dan crepe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah jenis kain, zat warna, dan pengental jenis CMC. Parameter penelitian meliputi variabel bebas (X) yaitu kain poliester satin, campuran poliester, dan crepe, variabel terikat (Y) adalah kualitas motif marling dan ketahanan luntur warna terhadap pencucian, variabel kontrol dalam penelitian ini adalah (1) perbandingan air dan CMC; (2) jumlah air yang digunakan sebagai media suminagashi dengan ukuran kolam 120 cm x 120 cm; (3) jenis cat akrilik yang digunakan; (4) jenis warna yang digunakan untuk masing-masing kain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Pengujian kualitas motif marbling dan ketahanan luntur warna terhadap pencucian menggunakan uji organoleptik. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui kualitas hasil suminagashi pada masing-masing jenis kain menggukan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas motif marbling dengan kriteria baik adalah kain crepe. Ketiga jenis kain memiliki ketahanan luntur warna dengan kriteria baik. Simpulan dari penelitian ini adalah pewarnaan suminagashi memiliki kualitas motif marbling baik sampai sangat baik, ketahan luntur warna yang dihasilkan baik pada semua jenis kain. Saran dalam penelitian ini adalah mencetak motif marbling pada permukaan kain diperlukan ketelitian agar motif yang dibentuk tidak berubah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: suminagashi, poliester satin, campuran poliester, dan crepe
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:09
Last Modified: 15 Sep 2021 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46349

Actions (login required)

View Item View Item