KUALITAS HASIL ECOPRINT TEKNIK STEAM MENGGUNAKAN MORDAN TUNJUNG, TAWAS, DAN KAPUR TOHOR


Fatimah Nada, 5403416021 (2020) KUALITAS HASIL ECOPRINT TEKNIK STEAM MENGGUNAKAN MORDAN TUNJUNG, TAWAS, DAN KAPUR TOHOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUALITAS HASIL ECOPRINT TEKNIK STEAM MENGGUNAKAN MORDAN TUNJUNG, TAWAS, DAN KAPUR TOHOR] PDF (KUALITAS HASIL ECOPRINT TEKNIK STEAM MENGGUNAKAN MORDAN TUNJUNG, TAWAS, DAN KAPUR TOHOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat menjaga kelestarian alam menjadikan trend gaya hidup ramah lingkungan semakin digemari dan merambah luas ke berbagai sektor usaha. Munculnya trend pewarnaan bahan tekstil menggunakan teknik baru yang disebut dengan ecoprint. ecoprint adalah proses memindahkan bentuk yang berasal dari bentuk asli dari bahan alam ke kain yang sudah diolah agar menyerap dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas hasil ecoprint teknik steam menggunakan mordan tunjung, tawas, dan kapur tohor. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui kualitas hasil ecoprint teknik steam menggunakan mordant tunjung, tawas dan kapur tohor adalah analisis statistik deskriptif. Dimana sebelum menentukan kriteria hasil penelitian perlu dihitung rentang kelas interval terlebih dahulu untuk dijadikan pedoman. Indikator penelitian ini yaitu motif dan warna. Teknik pengambilan sample menggunakan sample jenuh sebesar 15 karyawan Workshop Sokoindigo. Variable penelitian menggunakan variable tunggal yaitu kualitas hasil ecoprint. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil keseluruhan penelitian oleh panelis yaitu kualitas hasil ecoprint pada indikator motif rata-rata sebesar 3.19 dan kualitas hasil ecoprint pada indikator warna rata-rata sebesar 3.33. Simpulan dari penelitian ini yaitu kualitas hasil ecoprint Teknik steam menggunakan mordan tunjung, tawas, dan kapur tohor termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Saran dari penelitian ini yaitu mordan yang mendapatkan persantase di setiap indikator yaitu kapur tohor dibandingkan jenis mordan lainnya untuk penelitian selanjutnya perlu diperhatikan penggunakaan Teknik ecoprint, jenis daun dan jenis mordan yang lebih bervariasi agar menambah nilai estetika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: :Kualitas Hasil Ecoprint, Teknin Steam, Mordan, Tawas, Tunjung, Kapur Tohor, premordanting, postmordanting.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:06
Last Modified: 15 Sep 2021 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46348

Actions (login required)

View Item View Item