PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING


SRI ROHTRIANAH, NIM 7311416021 (2021) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING] PDF (PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Orientasi pasar, kemitraan, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran Kinerja pemasaran merupakan faktor yang umum digunakan untuk mengukur dampak dari sebuah strategi perusahaan. Kinerja pemasaran yang baik juga akan dapat meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi pasar dan kemitraan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah keunggulan bersaing mampu memediasi orientasi pasar dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku industri kecil dan menengah (UMKM) konveksi di kudus sebanyak 580 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 responden dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan dengan bantuan software IBM SPSS Statistik versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan kemitraan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Hasil uji path analisis menunjukan Keunggulan bersaing memediasi pengaruh orintasi pasar dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa orientasi pasar dan kemitraan mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh orientasi pasar dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran Saran untuk UMKM konveksi kabupaten kudus yaitu lebih terbuka dan saling menjaga komunikasi dengan para mitra usahnya, lebih tanggap dan cepat dalam merespon permintaan pasar, memahami trend fashion saat ini sehingga dapat memuhi kebutuhan pasar. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk menambah variabel lain yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Orientasi pasar, kemitraan, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:11
Last Modified: 15 Sep 2021 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46347

Actions (login required)

View Item View Item