PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK PADA MATERI PELAJARAN POLA DIGITAL DI SMK NEGERI 6 SEMARANG


Magdalena Dwi Anggreni, 5403416007 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK PADA MATERI PELAJARAN POLA DIGITAL DI SMK NEGERI 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK PADA MATERI PELAJARAN POLA DIGITAL DI SMK NEGERI 6 SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK PADA MATERI PELAJARAN POLA DIGITAL DI SMK NEGERI 6 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembuatan pola kemeja secara digital merupakan salah satu kompetensi dasar yang masih baru dalam kurikulum 2013. Pemahaman siswa mengenai pembuatan pola kemeja secara digital masih rendah, dan belum berkembangnya media yang digunakan dalam mengajar menjadi faktor hambatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui langkah pengembangan yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran elektronik pola digital, dan mengetahui kelayakan produk media elektronik pola digital tersebut sebagai pembelajaran mandiri bagi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain pengembangan dari Sugiyono yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan keterbatasan penelitian. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang dilakukan secara online Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk media elektronik pola digital dikemas dalam bentuk aplikasi dengan langkah pengembangan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. (2) Hasil kelayakan produk media elektronik pola digital yang telah dikembangkan berdasarkan ahli materi yaitu “Layak”, ahli desain pembelajaran “Sangat Layak”, ahli media komunikasi pembelajaran “Sangat Layak”, dan pengguna “Sangat layak”. Selain itu juga terdapat kelayakan dari respon siswa yang dikategorikan sebagai media “Layak” digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media elektronik, pola kemeja secara digital, pembelajaran mandiri.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:02
Last Modified: 15 Sep 2021 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46346

Actions (login required)

View Item View Item