KELAYAKAN EYEBROW SOAP BERBASIS AMPAS BIJI KEMIRI DAN ARANG


Alviani Tapresina, 5402416033 (2020) KELAYAKAN EYEBROW SOAP BERBASIS AMPAS BIJI KEMIRI DAN ARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN EYEBROW SOAP BERBASIS AMPAS BIJI KEMIRI DAN ARANG] PDF (KELAYAKAN EYEBROW SOAP BERBASIS AMPAS BIJI KEMIRI DAN ARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Minat masyarakat terhadap kosmetik semakin tinggi. Salah satunya yaitu kosmetik untuk alis. Pada penelitian ini, peneliti melakukan inovasi untuk membuat kosmetik alis, yang setelah pemakaian dari kosmetik tersebut dapat dijadikan pembersih dari produk itu sendiri. Dengan pemanfaatan ampas biji kemiri dan arang sebagai sumber pewarna alami pembuatan kosmetik eyebrow soap. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan kosmetik eyebrow soap dengan berbahan dasar ampas biji kemiri dan arang sebagai pewarna alami. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu warna cokelat dan cokelat keabuan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one shoot case study. Objek pada penelitian ini adalah kosmetik eyebrow soap dengan ampas biji kemiri dan arang sebagai pewarna alami. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 10 panelis. 5 panelis ahli untuk melakukan uji inderawi produk dan 5 panelis ahli untuk melakukan uji kesukaan produk. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas instrumen dan validitas produk. Teknik pengumpulan data meliputi metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini skor rata-rata hasil penilaian uji inderawi dilihat dari segi aspek kegunaan sebagai kosmetik untuk produk warna cokelat sebesar 91,1% dan produk warna cokelat keabuan sebesar 92,2% dengan kategori sangat baik, dari segi aspek kegunaan sebagai sabun untuk produk warna cokelat sebesar 93,3% dan produk warna cokelat keabuan sebesar 94,4% dengan kategori sangat baik. Skor rata-rata hasil penilaian uji kesukaan dilihat dari segi aspek kegunaan sebagai kosmetik untuk produk warna cokelat sebesar 89,96% dan produk warna cokelat keabuan sebesar 92,2% dengan kategori sangat suka, dari segi aspek kegunaan sabun untuk produk warna cokelat sebesar 93,31% dan produk warna cokelat keabuan sebesar 94,43% dengan kategori sangat suka. Saran dalam penelitian ini perlu diperhatikan pada proses percampuran dan pengadukkan, karena beda waktu dapat berbeda hasil yang didapatkan. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat dalam industri kecantikan dan hasil penelitian ini dijadikan inovasi produk kecantikan dengan memanfaatkan bahan alami dalam pembuatan produk kosmetik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kosmetik eyebrow soap, ampas biji kemiri, arang, pewarna alami
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:59
Last Modified: 15 Sep 2021 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46344

Actions (login required)

View Item View Item