ANALISIS TATA CARA PENGANTIN BLITAR GAGRAK KARTIKA RUKMI


Aisyah Astrid Wiratami, 5402416013 (2021) ANALISIS TATA CARA PENGANTIN BLITAR GAGRAK KARTIKA RUKMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS TATA CARA PENGANTIN BLITAR GAGRAK KARTIKA RUKMI] PDF (ANALISIS TATA CARA PENGANTIN BLITAR GAGRAK KARTIKA RUKMI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tata rias pengantin Blitar merupakan tata rias budaya lokal yang dimiliki kota Blitar. Tata rias pengantin Blitar memiliki dua tata rias pengantin yang meliputi tata rias Kresanayana sebagai tata rias yang mewakili tatarias besaran, dan tata rias Gagrak Kartika Rukmi yang mewakili tata rias kerakyatan. Tata rias pengantin ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat, maka dari itu penelitian ini membahas mengenai salah satu pengantin Blitar yaitu pengantin Gagrak Kartika Rukmi. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui ttata rias wajah pengantin Blitar Gagrak Kartika Rukmi. 2) Mengetahui tata rias rambut dan aksesori yang digunakan pengantin Blitar Gagrak Kartika Rukmi 3) Mengetahui tata busana dan aksesori pengantin Blitar Gagrak Kartika Rukmi 4) Mengetahui upacara perkawinan adat pengantin Blitar Gagrak Kartika Rukmi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan tata rias pengantin Blitar Gagrak Kartika Rukmi memiliki ciri khas pada tata rias wajah, dimana tidak menggunakan paes atau cengkorongan melainkan menggunakan jamang, selain itu tata rias yang dipakai disebut tata rias wajah cantik, dimana penggunaan kata cantik ini sebagai intepretasi tata rias yang mengikuti zaman. Busana yang digunakan merupakan kebaya bludru berwarna hijau, dan menggunakan kain panjang yang bermotif kawung tanjung. Pengantin Blitar memiliki ciri khas upacara adat yaitu dengan menggunakan replika ikan badher bang sisik kencana sebagai kelengkapan untuk prosesi tampa guna kaya. Simpulan dari penelitian ini adalah Tata Rias Pengantin Blitar Gagrak Kartika Rukmi memiliki banyak unsur yang bersumber dari kekayaan budaya Blitar serta memiliki makna dan filosofi di setiap bagiannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, tata rias, Pengantin Blitar, Gagrak Kartika Rukmi
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:45
Last Modified: 15 Sep 2021 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46337

Actions (login required)

View Item View Item