KELAYAKAN ECENG GONDOK SEBAGAI AKSESORIS RAMBUT


Annisa Rahmawati, 5402416012 (2021) KELAYAKAN ECENG GONDOK SEBAGAI AKSESORIS RAMBUT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN ECENG GONDOK SEBAGAI AKSESORIS RAMBUT] PDF (KELAYAKAN ECENG GONDOK SEBAGAI AKSESORIS RAMBUT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman eceng gondok banyak menimbulkan masalah bagi lingkungan disekitarnya. Masalah tersebut diakibatkan oleh pesatnya perkembangbiakan tanaman eceng gondok. Solusi dari banyaknya permasalahan yang ditimbulkan eceng gondok yaitu dengan memanfaatkanya sebagai bahan baku kerajinan tangan. Tanaman eceng gondok yang digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan yaitu bagian tangkai dari tanaman tersebut. Bagian tangkai eceng gondok memiliki karakteristik serat yang kuat, sehingga sangat sesuai menjadi bahan baku kerajinan tangan. Pemanfaatan eceng gondok yang dilakukan oleh petani belum ada yang membuat menjadi aksesoris rambut. Peneliti membuat inovasi aksesoris rambut untuk penataan sanggul pesta remaja. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kelayakan produk berdasarkan uji kelayakan dan uji kesukaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Pengumpulan data menggunakan angket. Validitas produk dan uji kelayakan menggunakan 3 panelis ahli. Uji kesukaan menggunakan 15 panelis tidak terlatih. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu deskriptif presentase. Hasil dari validitas produk menunjukkan bahwa keseluruhan produk dinyatakan valid dengan rata-rata nilai 90,00% dan dapat digunakan untuk penelitian. Hasil dari uji kelayakan menunjukkan bahwa kelima produk dinyatakan layak dengan skor tertinggi 97,92% untuk produk 5 dan skor terendah 85,42% untuk produk 1&2. Hasil uji kesukaan produk 5 mendapat skor tertinggi 95,42% dan skor terendah untuk produk 2 yaitu 88,75%. Saran untuk ahli atau praktisi kecantikan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan bahan disekitar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eceng gondok, Aksesoris rambut, Sanggul Pesta Remaja.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:42
Last Modified: 15 Sep 2021 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46336

Actions (login required)

View Item View Item