PENGARUH PROMOSI, GAYA HIDUP DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OUTDOOR


Jeni Nur Fajri, NIM 7101416193 (2020) PENGARUH PROMOSI, GAYA HIDUP DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OUTDOOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROMOSI, GAYA HIDUP DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OUTDOOR] PDF (PENGARUH PROMOSI, GAYA HIDUP DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OUTDOOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Promosi, Gaya Hidup, Kelompok Acuan Maraknya kegiatan mendaki memicu persaingan ketat bagi perusahaan penyedia perlengkapan outdoor. Hal ini membuat konsumen memiliki beragam pilihan alternatif produk dalam melakukan keputusan pembelian untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, gaya hidup dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian produk outdoor pada konsumen Edelweis Adventure Shop Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk outdoor di Edelweis Adventure Shop Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sample. Sampel yang diperoleh sebanyak 116 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel promosi, gaya hidup dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian secara simultan sebesar 59%. Sedangkan secara parsial promosi berpengaruh sebesar 10,10%, gaya hidup berpengaruh sebesar 15,50%, dan kelompok acuan berpengaruh sebesar 17,90% terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi, gaya hidup, dan kelompok acuan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk outdoor pada konsumen Edelweis Adventure Shop Kota Semarang. Saran dari penelitian ini bagi Edelweis Adventure Shop yaitu tetap mempertahankan kegiatan promosi dengan terus memberikan pelayanan terbaik dan penawaran lebih menarik, serta lebih gencar mempromosikan produk dan membina hubungan lebih erat dengan komunitas pendaki gunung. Konsumen disarankan agar dapat menentukan kelompok acuan yang baik dan dapat dipercaya informasinya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki terkait produk outdoor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Promosi, Gaya Hidup, Kelompok Acuan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:02
Last Modified: 15 Sep 2021 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46331

Actions (login required)

View Item View Item