PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN


Tamara Donna Octavia, NIM. 7311416185 (2020) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN] PDF (PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan, Nilai Perusahaan Tujuan jangka panjang perusahaan adalah untuk mengoptimalkan nilai perusahaan dimana tingginya nilai perusahaan menggambarkan kesejahteraan pemilik perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, komite audit, return on equity (ROE), ukuran perusahaan, dan debt to equity ratio (DER) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 sebanyak 2773 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 1130 perusahaan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pooled data dan merupakan jenis data panel tidak seimbang (unbalance panel). Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program eviews 9. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, komite audit, return on equity (ROE), ukuran perusahaan, dan debt to equity ratio (DER). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’s Q. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial (KM), kepemilikan institusional (KI), dan ukuran perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran dewan komisaris (UDK), dewan komisaris independen (DKI), return on equity (ROE), dan debt to equity ratio (DER) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan komite audit (KA) berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Saran dalam penelitian ini adalah bagi investor sebaiknya dapat memperhatikan ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, jumlah komite audit, ROE, dan DER karena memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Bagi pihak perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan dengan memperhatikan beberapa faktor seperti ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, profitabilitas, dan leverage dalam pengambilan keputusan. Selain itu, perusahaan harus lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan corporate governance, karena hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah komite audit berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah periode penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:50
Last Modified: 15 Sep 2021 05:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46328

Actions (login required)

View Item View Item