ANALISIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI KEDELAI


Kartika Jaya Puspita, 7111413052 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI KEDELAI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI KEDELAI] PDF (ANALISIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI KEDELAI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Produksi, Cobb-Douglass, Efisiensi, Kedelai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan faktor produksi pada kedelai di Kabupaten Sukoharjo, variabel penelitian terdiri dari luas lahan, harga kedelai ,bibit serta produksi kedelai di Kabupaten Sukoharjo. Data yang dikumpulkan untuk penelitian diambil dari dinas pertanian serta wawancara dengan dinas pertanian serta kemudian di analisis menggunakan EViews dan fungsi produksi Cobb-douglas, NPM (Nilai Produk Marginal) sehingga dapat menghasilkan hasil penelitian berupa efisiensi yang dapat digunakan untuk acuan dalam penanaman kedelai pada periode berikutnya. Hasil pada penelitian adalah bibit serta harga kedelai memiliki pengaruh positif yang dapat meningkatkan hasil penerimaan untuk petani sedangkan untuk lahan memiliki hasil negative sehingga peru dikurangi ,efisiensi untuk harga ,bibit, dan lahan dari hasil pengolahan aritmatika NPM/HFP menunjukan hasil yang tidak efisien hasil untuk lahan perlu dikurangi karena dapat menimbulkan kerugian sedangkan untuk bibit dapat ditambahkan sehingga menambah hasil untuk petani. Hasil yang didapatkan tergolong menjadi lebihbaik dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Produksi, Cobb-Douglass, Efisiensi, Kedelai.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:37
Last Modified: 15 Sep 2021 05:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46325

Actions (login required)

View Item View Item