PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 AMBARAWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI


Cahyani Rahmawati, 7101414367 (2020) PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 AMBARAWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 AMBARAWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI] PDF (PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 AMBARAWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Sosial Ekonomi, Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh sosial ekonomi keluarga dan latar belakang pendidikan orang tua secara parsial dan simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi alam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa dan IPS SMA Negeri 1 Ambarawa terdiri dari 5 rombongan belajar yaitu kelas XI Bahasa sebanyak 35 siswa, kelas XI IPS1 sebanyak 35 siswa, kelas XI IPS2 sebanyak 36 siswa, kelas XI IPS3 sebanyak 35 siswa dan kelas XI IPS 4 sebanyak 36 siswa. Dari data diatas populasi ini sekaligus sebagai sampel penelitian sebanyak 177 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil uji statistik dengan IBM SPSS pada pengaruh kondisi ekonomi orangtua terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi sebagai variabel dependen, berarti ada pengaruh pendidikan orangtua terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi diterima. Pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pendidikan orangtua terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi sebagai variabel dependen, pada variabel kondisi sosial ekonomi dan pendidikan orangtua berarti bahwa ada pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pendidikan orangtua secara simultan terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi diterima. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: Kondisi ekonomi orangtua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Pendidikan orangtua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Saran yang dapat disampaikan hendaknya pihak sekolah memberikan keringanan biaya pada siswa yang kondisi ekonomi orangtuanya kurang mendukung agar mereka lebih termotivasi dan berminat untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Dan hendaknya pihak sekolah memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi untuk meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sosial Ekonomi, Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:21
Last Modified: 15 Sep 2021 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46322

Actions (login required)

View Item View Item