PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, GAYA HIDUP DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nur Risqiani Putri, NIM 7101416211 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, GAYA HIDUP DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, GAYA HIDUP DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, GAYA HIDUP DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Penggunaan E-commerce, Gaya Hidup, Literasi Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ecommerce, gaya hidup, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi.mahasiswa pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017. Mahasiswa merupakan remaja tingkat akhir dimana masih sangat mudah terpengaruh dengan adanya suatu perubahan. Kehadiran e-commerce dimasa sekarang dengan diikuti gaya hidup hedonis pada mahasiswa dapat menyebabkan perilaku konsumsi yang tidak rasional, hal tersebut akan semakin buruk jika mahasiswa tidak memiliki literasi ekonomi yang baik. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 yang berjumlah 268 mahasiswa, dengan sampel penelitian sebanyak 160 responden yang dihitung dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel perilaku konsumsi sebagai variabel terikat, kemudian variabel penggunaan e-commerce, variabel gaya hidup dan variabel literasi ekonomi sebagai variabel bebas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penggunaan e-commerce, gaya hidup dan literasi ekonomi secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angakatan 2017 sebesar 13%. Penggunaan ecommerce, gaya hidup dan literasi ekonomi berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumsi. Saran yang diberikan berkaitan dengan penelitian ini yaitu mahasiswa harus dapat mengontrol diri dalam berperilaku konsumsi, mahasiswa harus lebih bijak dalam menggunakan e-commerce dan dapat menguranggi gaya hidup yang hedonis. Serta mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu ekonomi yang di dapat di perkuliahan kedalam kehidupan sehari - hari sehingga dapat terhindar dari perilaku konsumsi yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penggunaan E-commerce, Gaya Hidup, Literasi Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:16
Last Modified: 15 Sep 2021 05:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46321

Actions (login required)

View Item View Item