PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN


Cahya Roisa Firdausia, NIM 7101416292 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN] PDF (PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Perilaku Pengelolaan Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Teman sebaya. Seiring dengan perkembangan zaman kebutuhan manusia semakin banyak. Kegiatan konsumsi yang dilakukan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan perilaku keuangan yang baik akan menimbulkan masalah keuangan. Masalah keuangan pada mahasiswa bisa disebabkan karena kurangnya kemampuan dalam pengelolaan keuangan pribadi. Sebagian besar alokasi pengeluaran yang dilakukan mahasiswa lebih banyak digunakan untuk kesenangan daripada pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan teman sebaya terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah 258 mahasiswa angkatan 2017 jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes. Jumlah sampel sebanyak 157 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku pengelolaan keuangan, pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan teman sebaya berada pada kategori baik. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan teman sebaya berpengaruh secara simultan terhadap perilaku pengelolaan keuangan (32,1%). Secara parsial pengetahuan keuangan berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan (5,71%), sikap keuangan berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan (12,32%), dan teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan (4,45%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2017. Saran dalam penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat selalu meningkatkan perilaku pengelolaan keuangan mereka dengan mulai membiasakan diri merencanakan keuangan secara matang, mahasiswa perlu meningkatkan pemahaman terkait keuangan dengan cara mencari informasi diberbagai sumber termasuk internet yang dapat membantu mengelola keuangan pribadi, serta mahasiswa perlu lebih aktif berdiskusi dengan temannya dalam berbagi informasi mengenai pengelolaan keuangan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perilaku Pengelolaan Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Teman sebaya.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:10
Last Modified: 15 Sep 2021 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46320

Actions (login required)

View Item View Item