HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DENGAN KONTROL DIRI SAAT BERTANDING PADA ATLET KEMPO JAWA TENGAH


Dhea Ardyana Susanti, 6211415078 (2020) HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DENGAN KONTROL DIRI SAAT BERTANDING PADA ATLET KEMPO JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DENGAN KONTROL DIRI SAAT BERTANDING PADA ATLET KEMPO JAWA TENGAH] PDF (HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DENGAN KONTROL DIRI SAAT BERTANDING PADA ATLET KEMPO JAWA TENGAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat bertanding banyak atlet yang kurang dapat mengontrol emosinya dengan baik, selalu terburu-buru dalam bertindak, dan menyebabkan kekalahan. Kestabilan emosi yang kurang terkontrol dapat memicu pengendalian atau kontrol diri yang kurang bagus saat bertanding. Kestabilan emosi dan kontrol diri yang rendah juga dapat mengakibatkan kerugian apabila gerakan-gerakan yang dikeluarkan dapat mencederai diri sendiri maupun lawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kestabilan emosi dengan kontrol diri saat bertanding pada atlet Kempo Jawa Tengah. Pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini yaitu korelasi dua variabel. Populasi penelitian ini yaitu 100 atlet Kempo Jawa Tengah yang masih aktif, dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 64 atlet Kempo Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan program SPSS 16. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment menunjkkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kestabilan emosi dengan control diri. Hasil rxy = 0,590 dengan p = 0,000 (p < 0,05) menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kestabilan emosi dengan kontrol diri. Berdasarkan uji kategorisasi menurut aspek-aspek kestabilan emosi maupun kontrol diri, atlet Kempo Jawa Tengah berada pada kategori sedang. Simpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kestabilan emosi dengan kontrol diri saat bertanding pada atlet Kempo Jawa Tengah. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih mendalam mengenai faktor yang diteliti dan lebih baik dalam penyusunan instrument penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kestabilan Emosi, Kontrol Diri, Atlet, Shorinji Kempo
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:33
Last Modified: 15 Sep 2021 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46310

Actions (login required)

View Item View Item