KELAYAKAN LIMBAH BONGGOL JAGUNG UNTUK BAKI HANTARAN PERNIKAHAN


Dewi Masruroh, 5402416004 (2020) KELAYAKAN LIMBAH BONGGOL JAGUNG UNTUK BAKI HANTARAN PERNIKAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN LIMBAH BONGGOL JAGUNG UNTUK BAKI HANTARAN PERNIKAHAN] PDF (KELAYAKAN LIMBAH BONGGOL JAGUNG UNTUK BAKI HANTARAN PERNIKAHAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Limbah bonggol jagung dalam penelitian ini adalah untuk mengurangi jumlah limbah bonggol jagung yang ada di lingkungan Desa Pringapus Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui validitas produk baki hantaran pernikahan (2) Untuk mengetahui kesukaan baki hantaran dari limbah bonggol jagung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Objek penelitian adalah baki hantaran pernikahan dari limbah bonggol jagung. Subjek penelitian yaitu terdiri dari empat validator ahli dan 15 panelis agak terlatih yang terdiri dari tiga kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara online , observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Baki hantaran pernikahan dari limbah bonggol jagung mempunyai 4 bentuk yaitu bulat, oval, persegi dan persegi panjang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa produk baki hantaran pernikahan dinyatakan sangat valid oleh 4 validator berdasarkan indikator penilaian bentuk dan ukuran, warna, kekuatan dan kerapian, dan hasil akhir baki hantaran pernikahan. Bentuk Bulat mendapatkan nilai 98,07%, bentuk oval mendapatkan nilai 100%, bentuk persegi mendapatkan nilai 97,62%, bentuk persegi panjang mendapatkan nilai 98,95%. Produk baki hantaran pernikahan dari limbah bonggol jagung telah dinyatakan sangat suka pada hasil uji kesukaan oleh 15 panelis dan memperoleh penilaian sangat suka berdasarkan indikator penilaian bentuk dan ukuran, warna, kekuatan dan kerapian, dan hasil akhir. Bentuk Bulat mendapatkan nilai 91,34%, bentuk oval mendapatkan nilai 91,10% , bentuk persegi mendapatkan nilai 89,44%, bentuk persegi panjang mendapatkan nilai 91,81%. Saran dalam penelitian ini adalah Pembuatan baki hantaran pernikahan menggunakan limbah bonggol jagung pada permukaan bonggol jagung diperlukan ketelitian kehalusan agar tidak melukai konsumen ketika membawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: limbah, bonggol jagung, baki hantaran pernikahan.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:37
Last Modified: 15 Sep 2021 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46303

Actions (login required)

View Item View Item