PEMANFAATAN TANAMAN GULMA KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) SEBAGAI NATURAL DYE DENGAN ECOPRINT TEKNIK POUNDING


Rizka Dwi Maulida, 5401416033 (2020) PEMANFAATAN TANAMAN GULMA KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) SEBAGAI NATURAL DYE DENGAN ECOPRINT TEKNIK POUNDING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN TANAMAN GULMA KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) SEBAGAI NATURAL DYE DENGAN ECOPRINT TEKNIK POUNDING] PDF (PEMANFAATAN TANAMAN GULMA KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) SEBAGAI NATURAL DYE DENGAN ECOPRINT TEKNIK POUNDING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai upaya mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan zat warna sintetis, maka dilakukan pengembangan dan eksplorasi dengan pemanfaatan tanaman liar sebagai alternatif. Tanaman gulma kirinyuh (Eupatorium odoratum L) merupakan spesies yang penyebarannya sangat luas dan mudah tumbuh. Senyawa pada kirinyuh tanin, fenol, flavonoid, saponim dan steroid. Metode dalam penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain penelitian kelompok kontrol hanya posttest dengan analisis data deskriptif. Variabel terikat pada penelitian adalah gulma kirinyuh, variabel bebas pada penelitian adalah penggunaan bahan mordan tawas, kapur tohor dan tunjung. Untuk membuat larutan pewarna dilakukan ekstraksi panas, premordan menggunakan tawas, pencelupan dilakukan sebanyak 15 kali, postmordan menggunakan 3 jenis mordan. Uji organoleptik menguji kontras dan kerataan hasil pencelupan dan warna motif ecoprint dengan teknik pounding. Hasil penelitian yang dilakukan kirinyuh dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk tekstil. Arah warna pencelupan dengan fiksasi tawas dawn blue, kapur tohor silver cloud, dan tunjung dusty olive. Hasil warna ecoprint pada fiksasi tawas adalah tea, kapur tohor mistletoe dan olive branch, tunjung deep lichen green. Hasil warna gelap pada fiksasi tunjung dan warna paling terang pada fiksasi tawas. Saran pengembangan penelitian penambahan jenis mordan pada pencelupan, beda suhu yang digunakan, konsenterasi larutan, konsenterasi mordan dan pengujian terhadap eksperimen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kirinyuh (Eupatorium odoratum L), pewarna alami, ecoprint
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:39
Last Modified: 15 Sep 2021 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46293

Actions (login required)

View Item View Item