Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Melalui Lagu Anak-Anak Di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Pemalang
Ari Wijaya Prasetiaji , 2501401048 (2007) Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Melalui Lagu Anak-Anak Di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Melalui Lagu Anak-Anak Di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Pemalang)
- Published Version
Download (16kB) | Preview |
Abstract
Ari Wijaya Prasetiaji, 2007, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Melalui Lagu Anak-Anak Di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Pemalang, Skripsi : Sendratasik Universitas Negeri Semarang. Pelaksanaan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak tidak pernah terlepas dari aktifitas bermain musik, walaupun pada umumnya hanya baru berupa kegiatan bernyanyi. Aktifitas tersebut biasa dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam bernyanyi guru sering memberikan materi lagu kepada anak-anak. Lagu-lagu tersebut bertemakan tentang Diriku, Tanaman, Binatang, Alam Semesta, dan sebagainya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran tematik melalui lagu anak-anak di Taman Kanak-kanak Kabupaten Pemalang?” Tujuan penelitiannya untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik lagu di Taman Kanak-kanak Kabupaten Pemalang. Pendekatan penelitian yang dipakai dalam skripsi ini ialah penelitian eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi Pemalang dan TK Handayani 03 Pemalang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di TK Pertiwi Pemalang dan TK Handayani 03 Pemalang telah dilaksanakan dengan mengacu pada Standar Kompetensi TK dan RA sesuai Kurikulum 2004. Maksudnya, lembaga ini berdiri secara resmi dalam menyelenggarakan bentuk pendidikan prasekolah dengan telah memenuhi ketentuan yang berlaku dan didukung oleh komponen-komponen pembelajaran yang dapat menentukan keberhasilan pelaksanaan program-programnya. Komponen-komponen pembe-lajaran itu meliputi : metode, alat atau media, evaluasi, kurikulum, tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar dan mengajar, dan sumber pelajaran. Upaya yang perlu segera dilakukan oleh menyangkut upaya meningkatkan kualitas mengajar guru, seperti : diklat, penataran, dan sebagainya, khususnya terkait materi pembelajaran tematik lagu anak. Selain itu, menekankan kepada anak-anak TK dalam memahami tematik lagu anak, sehingga diharapkan dapat berpengaruh positif bagi perkembangan psikisnya. Bila hal itu terpenuhi, maka peran guru dapat berfungsi secara optimal terutama dalam peningkatan pendidikan watak dan budi pekerti, sehingga bisa mengembalikan wibawa lembaga taman kanak-kanak dan guru itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 26 Sep 2011 03:27 |
Last Modified: | 26 Sep 2011 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4629 |
Actions (login required)
View Item |