PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 2 SEMARANG


Lia Farokah, 5401416023 (2021) PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 2 SEMARANG] PDF (PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 2 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran prakarya kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 semarang di bagi menjadi empat aspek, namun hanya dua aspek yang diterapkan di SMP N 2 semarang yaitu aspek pengolahan dan rekayasa. Waktu pembelajaran praktik yang terbatas dan belum tersedianya fasilitas labolatorium. Tujuan penelelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran prakarya di SMP Negeri 2 Semarang. Metode Penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Proses pembelajaran prakarya kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Semarang dilakukan sesuai dengan kurikulum 2013 secara terstruktur, yaitu 1) Perencanaan pembelajaran meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan guru menyesuaikan keadaan, Program tahunan (Prota), Program semester (Promes) dan KKM. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan scientifik. Metode pembelajaran berbasis projek. Media berupa video, contoh produk, power point dan Microsoft teams; 3) Evaluasi pembelajaran meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan terlihat siswa sudah baik karena semua sudah mencapai standar KKM 76. Implementasi kurikulum pada mata pelajaran prakarya sudah baik karena sudah mengalami banyak perubahan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pembelajaran, kurikulum 2013, mata pelajaran prakarya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:45
Last Modified: 15 Sep 2021 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46288

Actions (login required)

View Item View Item